Sep
9
2015

Belajar Memimpin dan Membangun Kota dari SimCity Built It

Siapa yang tidak kenal Simcity, sebuah permainan simulasi yang membawa kita untuk memimpin sebuah kota mulai dari kecil hingga besar dengan segala kompleksitas permasalahannya. Permainan garapan Electronic Arts ini mulai merambah ponsel Android dengan sedikit perbedaan namun denganĀ inti permasalahan yang sama.

SimCity Build it2

Kita tidak berpikir banyak terhadap Pendap atan dan Belanja Daerah sehingga dapat dengan mudah mengatur kota tersebut. Yang kita pikirkan hanyalah kebutuhan – kebutuhan masyarakat yang primer seperti listrik, air, saluran pembuangan dan pengelolaan sampah.

Tidak berbeda dengan Simcity 4 versi Desktop, karena untuk versi desktop memang sangat sulit dan mendekati realitas sebenarnya. Lalu bagaimana dengan Simcity Built It sendiri?

Kebutuhan masyarakat banyak sekali mulai dari kebutuhan – kebutuhan primer untuk pembangunan. Belum lagi kebutuhan umum masyarakat seperti keamanan dan kenyamanan selama tinggal di kota kita. Semakin kita memberikan keamanan dan kenyamanan tersebut maka mereka pun akan sangat senang untuk tinggal di kota kita dan tidak tanggung – tanggung akan mengupgrade bangunan mereka menjadi semakin besar dan memiliki penduduk yang banyak.

1416272694686

Permintaan (demand) oleh masyarakat kota yang harus dipenuhi agar mendapatkan pendapatan daerah

Semakin banyak penduduk maka semakin kompleks permasalahan yang dihadapi, namun semakin banyak penduduk juga meningkatkan pendapatan berupa pajak daerah yang diterima setiap jamnya dengan perhitungan 20%.

Lalu adakah permasalahan lain? sangat banyak. Seperti halnya kebutuhan sebuah kota, infrastruktur jalan perlu menjadi perhatian karena semakin meningkatnya perkembangan sebuah kota maka semakin padat kendaraan. Sehingga dari infrastruktur jalan yang hanya 2 jalur dengan 1 lajur akan mengalami kemacetan. terkadang mereka meminta untuk diperlebar hingga 2 jalur dengan 3 lajur.

Belum lagi masalah listrik, air dan pembuangan, karena setiap penambahan perumahan atau peningkatan bangunan maka kebutuhan listrik, air dan pembuangan akan meningkat pula. kita harus berpikir panjang dan mengelola keuangan daerah.

Banyak pendapatan – pendapatan daerah selain pajak didapat dari kebutuhan – kebutuhan bahan pokok yang kita sediakan. Hal tersebut menjadi pendapatan tambahan untuk mendongkrak keuangan daerah. Sehingga membantuk perbaikan – perbaikan kebutuhan masyarakat tersebut.

Intinya, sebagai kepala daerah kita perlu turun langsung ke lapangan. Kita perlu tahu apa saja kebutuhan masyarakat karena semua itu dari Rakyat, oleh Rakyat dan untuk Rakyat. Keinginan kita hanya satu, bagaimana melayani masyarakat dan menerima semua aspirasi masyarakat tersebut serta mewujudkannya dalam bentuk sarana dan prasarana. Bukan mencari keuntungan dari masyarakat namun tidak diwujudkan dalam bentuk perbaikan sarana dan prasarana. Sehingga menyebabkan aksi protes dari masyarakat.

Semua itu adalah amanat dari masyarakat, seperti halnya mereka menabung secara beramai – ramai untuk daerah dan mereka menginginkan perbaikan daerah dari tabungan mereka tersebut.

Beberapa hal yang perlu diketahui sebagai Kepala Daerah Simcity.

1. Menjadi pendengar yang baik (good listener) sehingga kita mendapatkan bonus untuk memperluas daerah. Secara real memang Kepala Daerah harus menyerap aspirasi masyarakat dan mewujudkannya dalam bentuk sarana dan prasarana. Imbasnya Daerah akan semakin baik dan masyarakat aman dan nyaman

2. Mampu mengelola Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah agar tidak mengalami pailit atau hutang. Di Simcity, tidak ada perkembangan maka akan memperlambat pendapatan daerah. Secara nyata, pendapatan daerah berasan dari pajak daerah dan lain – lain yang berasal dari masyarakat. Pendapatan tersebut harus dikeluarkan untuk pembangunan daerah tersebut sesuai keinginan masyarakat. Contohnya saja jika dalam Simcity tidak dibutuhkan rumah sakit dengan harga 70.000 Simoleon namun kita membelinya sehingga menyebabkan belanja yang besar. Hal ini tidak sebanding dengan perkembangan daerah. Mungkin dana sebesar itu bisa digantikan dengan membangun Klinik berukuran kecil seharga 6.000 Simoleon yang bisa terbagi dalam daerah – daerah tertentu. Sama halnya kebutuhan listrik dan air. Kita harus berpikir bagaimana menggunakan Anggaran seminimal mungkin dengan hasil yang maksimal memang di awal kita ingin energi listrik yang bersih namun dengan menggunakan Tenaga Angin dibutuhkan dana yang besar dan kapasitas listrik yang kecil. sehingga dengan terpaksa menggunakan Tenaga Listrik yang berasal dari Batu Bara memang cukup kotor namun perlahan dapat di perbarui dengan mengganti tenaga listrik yang lain.

3. Cepat bertindak dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Suka tidak suka kita harus melayani kebutuhan masyarakat. Semakin besar maka semakin kompleks kebutuhan mereka. Salah satunya dengan membangun pusat perbelanjaan. Dengan begitu, kita dapat memenuhi kebutuhan mereka. Namun perlu diingat untuk membangun harus berpikir masalah keuangan daerah lagi.

Kesimpulannya, sebagai eksekutor di Simcity kita perlu tahu kebutuhan masyarakat, serta bagaimana mengelola keuangan daerah. Sehingga daerah dapat berkembang menjadi lebih besar.

(305)

About the Author:

Leave a comment

*