Mar
19
2014

Fenomena Byar Pet

Mati Lampu

Mati lampu terus mati lampu terus, sampai – sampai ada yang mengumpat di status BBM hingga Facebook. Sampai saat ini masalah listrik belum juga menemukan titik terang, bagaimana bisa menemukan titik terang wong ya mati lampu terus. Banyak yang berfikir, apa sih PLN nih kurang kerjaan kok sukanya kasih mati listrik di jam – jam sibuk. Nah ini dia, harusnya kita proaktif bukan cuma bisa ngomong. Apa dong solusinya?

Pertama kita harus tahu, kenapa sih kok bisa mati lampu? Sama halnya listrik di rumah Anda masing – masing. Setiap meteran memiliki batas beban, ada yang 2 Ampere hingga 10 Ampere atau lebih. Begitu pula PLN, mereka menjatah setiap area yang di-supply dengan mempertimbangkan seberapa besar beban. Anggap saja 1 rumah, jika kelebihan beban atau terlalu banyak listrik yang digunakan maka akan menyebabkan listrik di rumah anda mati karena kelebihan beban. Sama dengan PLN, jika terlalu over maka PLN berhak mematikan listrik di daerah tersebut, Banyak hal yang menyebabkan PLN melakukan hal ini yaitu karena kurangnya pasokan listrik karena ada mesin yang masuk waktu perawatan atau sedang rusak atau bisa jadi mesin kehabisan bahan bakar. Bisa jadi pasokan daya yang dimiliki seharusnya 10.000 KWatt akan berkurang menjadi setengahnya sehingga PLN harus cepat dan mau tidak mau kitalah yang menjadi korbannya.

Kedua, penggunaan listrik di jam puncak sudah melewati batas, terutama daerah perkotaan. Ada pula daerah non perkotaan namun mencakup daerah yang cukup luas atau termasuk daerah industri yang menggunakan supply listrik dari PLN bukan dengan mesin sendiri. Inilah yang menyebabkan cepat berkurangnya pasokan listrik milik PLN. Lalu apa yang bisa kita lakukan, yaitu dengan cara mengurangi penggunaan listrik yang tidak perlu alias berhemat. Misalnya saja lampu kamar, jika tidak ada orang atau tidak digunakan sebaiknya dimatikan saja atau penggunaan pendingin ruangan yang berlebihan mungkin perlahan bisa dikurangi. Toh, selama ini sebelum memiliki beberapa alat elektronik pendukung kita juga tidak ada masalah kan?

Ketiga, adanya kerusakan mendadak terjadi karena bencana atau kelalaian manusia. Angin, banjir, konsleting listrik, kebakaran dan sebagainya bisa memicu PLN untuk mematikan listrik dikarenakan untuk mempermudah atau menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan yang bisa merugikan setiap orang.

Keempat, maintenance atau perawatan baik dari segi mesin maupun penyalurnya. Terkadang PLN harus mematikan listrik dikarenakan ada perawatan travo di daerah tertentu baik karena rusak maupun perawatan tahunan atau bisa juga PLN melakukan penggantian kabel utama agar tidak terlalu lama digunakan.

Kelima, pencurian listrik yang semakin marak terutama di kota – kota yang padat penduduk dan banyaknya kabel listrik yang semrawut sehingga memudahkan para pencuri listrik mengambil listrik langsung pada sumbernya, tanpa meteran, tanpa penahan beban. Ini sangat – sangat berbahaya dan ini semua diluar hitungan PLN. Inilah salah satu pemicu mati lampu.

Bisa jadi ada lebih dari 7 faktor di atas yang menjadi alasan kenapa bisa terjadi mati lampu. Karena semakin dinamisnya masalah perkotaan menyebabkan semakin sulitnya mencari solusi untuk menyelesaikan masalah – masalah tersebut. Semoga opini saya bisa membuat kita proaktif dan tidak cuma bisa misuh – misuh alias maki – maki di status FB atau BB. Ingat! Tong kosong berbunyi nyaring kawan 😀

(633)

About the Author:

Leave a comment

*