Feb
20
2014

Tes CPNS, Apa Yang Harus Dipersiapkan?

Jelas harus belajar lah, karena kompetisi sekarang sudah semakin terbuka. Tidak seperti beberapa tahun yang lalu tes CPNS cenderung dimainkan oleh “orang dalam” namun sekarang lebih transparan dan seluruh warga Indonesia bebas memilih lokasi penerimaan. Hal ini menjadi momok bagi para putra daerah yang merasa takut kalau sampai banyak pelamar dari luar daerah. Seharusnya para putra daerah bisa mempersiapkan dirinya dalam mengikuti tes CPNS ini. Bahkan dari pemerintah sendiri sudah sangat lama memberitahukan rencana adanya Tes CPNS, pastinya memberikan kesempatan bagi siapa saja untuk belajar dan berkompetisi dalam mengikuti tersebut. Bagi sebagian orang mungkin mengikuti tes ini sepertinya sulit, namun jika kita bisa belajar sungguh – sungguh dan mencoba banyak materi contoh yang banyak beredar di pasaran kesulitan itu bisa di atasi.

CPNS bali 2013Tes CPNS bervariasi tergantung instansi mana yang melakukannya. Untuk pelamar umum di Instansi umum yang dilakukan serentak di seluruh Indonesia biasanya hanya mengadakan Tes Kompetensi Dasar, berbeda dengan Instansi Pemerintahan lain yang membuka tes CPNS sendiri. Seperti pengalaman saya saat mengikuti tes CPNS di Kementrian Keuangan Negara yang dilaksanakan di Gedung Diklat Keuangan Balikpapan, TKD merupakan awal dari banyak rangkaian tes yang diberikan Kemenkeu. Itupun hasil tesnya digabungkan dengan hasil tes dari berbagai regional di Indonesia. Tidak hanya itu, setelah TKD masih ada tes psikologi dan masih ada lagi tes kesehatan dan pada akhirnya untuk para lulusan Sarjana khususnya akan ada tes tambahan yaitu tes wawancara.

Hal ini berbeda dengan tes CPNS yang diselenggarakan serentak di seluruh Indonesia untuk beberapa instansi gabungan, hanya menggunakan Tes Kompetensi Dasar. Tidak ada tes yang lain – lain, hanya saja terdapat tes kesehatan yang dilakukan setelah lolos dari TKD dan itupun untuk melengkapi pemberkasan CPNS.

Secara umum, tes CPNS pasti melaksanakan TKD atau Tes Kompetensi Dasar. Dari TKD dibagi menjadi 3 bagian soal yaitu Tes Karakter Pribadi, Tes Intelegensia Umum dan Tes Wawasan Kebangsaan. Saya tidak akan menjelaskan secara rinci apa saja isi atau kisi – kisi dari ketiga tes tersebut. Namun, saya hanya memberikan gambaran apa saja yang harus dipersiapkan untuk itu.

Tes Karakter PribadiSesuai dengan judulnya, sebagian besar isi pertanyaan dari tes ini berhubungan dengan kepribadian diri, bagi yang sudah pernah mengikuti CPNS atau sudah pernah melihat contoh soalnya, tes ini tidaklah sulit. Beberapa contoh soalnya akan saya berikan di akhir artikel.

Tes Intelegensia Umum
Pada bagian ini adalah bagian yang lumayan sulit karena berhubungan dengan perhitungan. Beberapa soalnya terdapat perhitungan matematika seperti perkalian aljabar, ruang bangun, hingga soal keuangan seperti persentase dan bunga tabungan. Untuk mempersiapkannya, paling tidak selalu latihan berhitung untuk mempercepat nalar dalam menjawab pertanyaan karena waktu yang diberikan dalam tes CPNS ini sangatlah terbatas.

Tes Wawasan Kebangsaan
Sebagai lulusan IPA, saya merasa kesulitan di tes ini karena sebagian besar soalnya berasal dari pelajaran kewarganegaraan dan sejarah Indonesia. Bagian tersulitnya jika mendapatkan pertanyaan soal Pasal UUD 1945 dan beberapa tanggal sejarah Indonesia serta beberapa nama tokoh sejarah Indonesia. Adapula pertanyaan yang berhubungan dengan bentuk negara dan beberapa juga tentang istilah – istilah kenegaraan.

Dari ketiga jenis tes tersebut, bisa diambil gambaran bagaimana bentuk dari tes CPNS dan apa saja yang harus kita persiapkan dalam mengikuti tes CPNS. Perlu diketahui untuk saat ini ada 2 jenis sistem tes CPNS yang dilaksanakan di Indonesia yaitu sistem CAT dan LJK. CAT adalah sistem yang terbaru dalam tes CPNS selain lebih aman. CAT juga lebih cepat dalam mengolah data dari hasil tes peserta karena hasil ujiannya akan langsung keluar pada akhir bagian atau pada akhir tes. Sehingga kita tidak cemas lagi menunggu hasil pengumuman CPNS.

Berbeda dengan sistem LJK, yang hampir mirip dengan pelaksanaan Ujian Nasional. Seluruh LJK akan dikirimkan ke Jakarta / Pusat untuk diperiksa lalu hasilnya diberikan ke Pemerintah Kab. dan Kota yang mengadakan tes CPNS.

Semoga berhasil untuk mengikuti tes CPNS yang akan datang.

Soal Tes CPNS Download (uploading)

(761)

About the Author:

Leave a comment

*