May
18
2013

Mendengarkan Streaming Menggunakan Smartphone Android

Saat ini sudah mulai banyak radio – radio konvensional yang mulai merambah dunia maya, salah satunya dengan menggunakan media streaming. Dahulu stasiun radio mengudara melalui frekuensi AM, kemudian mulai menggunakan frekuensi FM yang lebih luas dan saat ini makin memperluas bentangnya hingga ke seluruh dunia menggunakan internet. Beberapa radioradio online dari seluruh dunia dapat ditemukan dengan mudah baik secara online melalui website resmi mereka masing – masing atau melalui situ Online Radio seperti tunein.com.

Namun, tidak semua radio terdaftar di Tune In, sehingga kita harus mendengarkan streamingnya melalui website. Bagi teman – teman yang tidak memiliki perangkat desktop atau sejenisnya akan kesulitan untuk dapat mendengarkan siaran radio streaming ini karena perangkat seperti smartphone kadang tidak dapat memainkan player yang disematkan pada halaman situs.

Hal ini bukanlah kendala, bagi stasiun radio online yang tidak / belum mendaftarkan stasiunnya pada Tune In dapat menyebarkan link streamingnya seperti berikut -> ip-address:port/listen.pls (tergantung settingannya). Contohnya di sini untuk mendengarkan Streaming dari Medika FM Tarakan dengan link 87.117.201.152:37851/listen.pls. Jika teman – teman menggunakan desktop/laptop dapat langsung memasukkan URL tersebut di browser dan pastikan komputer teman – teman telah ter-install Winamp. Biasanya secara otomatis browser akan mendownload file “listen.pls” yang kemudian file tersebut dimainkan pada player Winamp. Tunggu beberapa saat, status koneksi dan buffering akan muncul.

Bagaimana dengan pengguna android? Saya menggunakan android karena saat ini sangat banyak sekali smartphone dengan menggunakan Android OS, karena banyak aplikasi yang dapat digunakan di dalamnya termasuk mendengarkan Radio Online. Standarnya jika menggunakan Android (bisa juga untuk OS lain seperti iOS, Bada OS, Windows Phone, Blackberry OS dsb) dengan aplikasi bernama Tune In. Akan tetapi, stasiun radio / link streamingnya harus terdaftar pada http://www.tunein.com. Jika tidak terdaftar dapat menggunakan aplikasi bernama “A Online Radio” yang dapat di download GRATIS di Play Store (klik di sini untuk lebih lengkapnya).

Cara kerja A Online Radio (AOR) hampir mirip dengan Winamp meskipun di Android ada juga Winamp Player. Namun saran saya tidak menggunakan aplikasi tersebut karena menurut pengalaman saya pribadi aplikasinya tidak dapat memainkan file streaming. Lalu bagaimana cara menggunakan AOR?

1. Download terlebih dahulu aplikasi AOR di sini.

shot_000006shot_000007

 

2. Jika telah di download, buka menu lalu pilih icon AOR

shot_000008

3. Jika muncul Application Configuration pilih Country sembarang saja, contohnya di sini “Australia” karena negara Indonesia tidak terdaftar di sini. Lalu tekan GO

shot_000009

4. Tunggu proses, jika sudah selesai scroll ke bawah lalu pilih Add Channel.

shot_000011

 

5. Masukkan URL streaming radio anda contohnya di sini untuk Medika FM Tarakan yaitu http://87.117.201.152:37851/listen.pls . Ingat! jangan lupa menuliskan http:// di awal penulisan URL. Kemudian tekan Add.

shot_000013

 

6. Jika sudah dimasukkan pilih bagian Favorites (dengan lambang Love) kemudian pilih Unnamed Server (nama ini tergantung pada streaming radionya.

shot_000014

 

7. Radio akan otomatis mengkoneksikan ke URL Streaming tersebut. Jika streaming sedang ON AIR maka akan muncul seperti ini.

shot_000015

Selamat mencoba dan mendengarkan Radio Streaming ya.. :)

 

 

(816)

About the Author:

Leave a comment

*