Dec
12
2012

I Want to Play a Game…

Itulah yang selalu dikatakan Jigsaw yang disebut sebagai pembunuh berantai. Namun sebenarnya apa yang dilakukan olehnya bukanlah pembunuhan melainkan rehabilitasi jiwa. Diawal kita melihat bagaimana siksaan – siksaan itu terjadi hingga akhirnya mengerti apa maksud dan tujuan melakukan hal tersebut.┬áJohn Kramer melakukan pekerjaan tersebut sebagai pembalasan atas apa yang dilakukan kepada dirinya dan orang – orang lain.

Semua orang yang mengalami rehabilitasi tersebut adalah orang – orang yang terpilih. Maksud dari terpilih di sini adalah orang – orang yang dalam kehidupannya hanya bisa menyakiti orang lain terutama jiwanya. Sehingga mereka dicoba untuk merasakan bagaimana jika m
ereka merasakan hal yang sama.

Dari ketujuh film SAW memiliki maksud dan tujuan sama, namun terjadi perbedaan seperti yang dilakukan oleh para anak buahnya. John Kramer sendiri tidak menyukai pembunuhan dan membenci pembunuh. Setiap korban yang diculiknya tetap diberi kesempatan untuk hidup jika mereka memperoleh kesempatan tersebut setelah mengalami cobaan dan mencoba menyelamatkan diri dari jebakan Jigsaw.

Mungkin kita hanya menonton dari filmnya dan menganggap film ini mengerikan karena mulai dari awal film hanya berisikan siksaan, potongan – potongan tubuh dan bagaimana mereka mati satu per satu dengan alat buatannya. Padahal ada nilai moral dibalik semua ini. Apa itu?

Perhatikan beberapa kata – kata yang tertulis dalam film SAW yaitu

“Cherish Your Life” yang berarti “Hargailah Hidupmu” kenapa? beberapa korban dari Jigsaw tidak menghargai arti hidup. Ini bisa dijadikan pelajaran buat kita bagaimana kita menghargai kehidupan ini menjadi orang yang bermanfaat dan berguna bagi orang lain. Selain itu berusaha untuk selalu memberikan kemudahan, selalu membantu orang lain. Bukan menekan dan mempersulit hidup orang lain.

“See what I See, Feel what I Feel, dan Save what I Save”, kata – kata itu juga sama artinya dengan mencoba merasakan apa yang selama ini dia rasakan, dengan kata lain cobalah untuk menjadi orang lain untuk merasakan hal yang sama seperti apa yang dia rasakan. Contohnya saja, mungkin kita melihat banyak orang yang kesulitan di antara kita disitulah fungsi kalimat tersebut. Rasakan apa yang mereka rasakan.. Rasakan bagaimana kesulitan mereka dan bagaimana mereka menghadapi semua itu untuk hidup. Hal tersebutlah yang harus ada dalam diri kita sehingga kita bisa menghargai hidup kita dan orang lain. karena kita bisa merasakan penderitaan yang mereka rasakan.

“Live or Die, Make Your Choice”, merupakan sebuah pernyataan bagaimana kita berkorban baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Bagi mereka yang diuji dalam film tersebut, mau tidak mau harus mengorbankan dirinya dengan apapun yang dia miliki. Sehingga mereka akan merasa “terselamatkan”. Pesan dari kejadian ini adalah apakah kita bisa berkorban demi orang lain yang kita cintai? dan bagi mereka yang sedang kesulitan. Bisa berbentuk harta maupun bantuan secara fisik.

Sebenarnya dari film ini kita banyak belajar untuk menjadi jiwa yang baru. Kehidupan yang baru, dan bersyukur atas hidup yang kita miliki. Jam terus berdetak, seperti itulah yang terjadi dalam film SAW. Bayangkan jika kamu tahu bahwa 60 detik ke depan kamu akan mati. Pastinya akan merasakan apa arti hidup yang sebenarnya bukan?

“Jangan sia – siakan hidupmu, hargailah hidupmu dan jadilah yang terbaik untuk setiap orang”

GAME OVER

(2725)

About the Author:

Leave a comment

*