Dec
5
2012

Review Samsung ATIV Smart PC dengan Windows 8

Tablet kali ini sungguh berbeda dengan tablet biasanya karena pada umumnya tablet berisi sistem operasi android yang relatif ringan namun Samsung membuat trobosan baru untuk membawa Windows 8 ke dalam jajaran tabletnya yaitu Samsung ATIV Smart PC. Ada dua fungsi dari perangkat ini, pertama bisa digunakan sebagai Netbook dan kedua sebagai Tablet, sangat cocok untuk anda yang memiliki mobilitas tinggi dalam pekerjaan.

Sangat berbeda dengan tablet – tablet pada umumnya yang bersistem operasi Android, ATIV Smart PC dengan Windows 8 sangat mendukung pekerjaan karena layaknya sebuah laptop namun berbentuk tablet. Tablet ini pula dapat di install MS Office secara full, berbeda dengan Android yang memiliki fitur terbatas untuk editing office – nya. Bayangkan jika kita bekerja dengan Office secara full seperti di PC dan laptop, sangat mudah bukan?

Selain itu Samsung juga merekomendasikan menggunakan Windows 8 yang lebih ringan. Samsung ATIV Smart PC hanya membutuhkan waktu sekitar 9-11 detik untuk booting up dari kondisi mati total dan bahkan dapat terus standby selama lebih dari 10 jam. Saya telah mencobanya pada kondisi baterai sekitar 75% dan hanya berkurang sekitar 25% saja selama 6 jam standby. Layaknya sebuah tablet atau handphone yang bisa dibiarkan menyala terus menerus. Berbeda dengan laptop yang hanya dinyalakan saat kita butuhkan.

Kelebihan lainnya adalah, penggunaan stylus seperti pada Samsung Galaxy Note yang sangat berbeda dengan stylus – stylus lain untuk perangkat tablet, dengan pen stylus ini kita lebih bebas menulis di layar bahkan disaat tangan menyentuh layar sekalipun. Jika menggunakan aplikasi S Note nantinya ada tombol “hanya menyunting dengan menggunakan S Pen”, dengan fitur itulah sentuhan jari tidak berfungsi di layar kecuali S Pen.

Beberapa fitur eksternal lain telah saya jelaskan di artikel sebelumnya di sini dan untuk artikel ini saya lebih menyentuh fitur di dalamnya. Jika dilihat dari sisi aplikasi dengan menggunakan Windows 8, sama halnya dengan Android ada App Store, Maps, Mail dan lainnya juga bisa di tambahkan dengan mendownload di App Store atau kita bisa install sendiri desktop app seperti laptop biasanya. Sayangnya, kita tidak dapat mendownload aplikasi tanpa App Store sehingga kita perlu koneksi internet untuk itu.

Di awal penggunaannya saya mencoba mensinkronisasikan apa yang ada di perangkat android saya, khususnya email dan kalender. Meskipun Windows 8 menggunakan login user Windows (dengan live.com/hotmail.com) akan tetapi kita bisa menambahkan banyak akun lain di bagian email juga dapat mensinkronisasikan kalender yang ada di Google ke kalender di tablet. Sangat memudahkan bagi anda yang menggunakannya terutama dalam mengatur jadwal pekerjaan.

Bagi anda yang lebih memilih mobilitas dalam pekerjaan, Samsung ATIV adalah solusinya karena dengan Windows 8 yang ringan anda bisa mengerjakan berbagai pekerjaan kantor berbasis Windows.

(1260)

About the Author:

Leave a comment

*