Dec
3
2012

First Look, Samsung ATIV Smart PC 500T1C

Komputer tablet semakin berkembang dan saling menyempurnakan diri, seperti Samsung ATIV Smart PC ini yang merupakan jenis Tablet PC dengan prosesor Intel Atom dan RAM 2 GB bisa mengusung Windows 8 di dalamnya. Sebelumnya saya sudah mencoba salah satu tablet pc yang berisi Windows 7 namun bentuknya relatif tebal dan besar. Tablet PC merk Prolink tersebut merupakan satu – satu tablet Windows 7 pada saat itu (sekitar pertengahan tahun 2012).

Beberapa bulan setelahnya Microsoft meluncurkan Tablet berbasis Windows, sayangnya Tablet tersebut tidak dijual di Indonesia. Tapi di akhir tahun 2012, Samsung akhirnya mengeluarkan seri terbaru Tabletnya yaitu Samsung ATIV, bukan hanya Smart PC dan Tab tapi ada juga ATIV S, mungkin ini penerus dari Galaxy S3. 😛 Bedanya dengan seri Galaxy adalah Samsung ATIV mengusung Windows 8 dan Windows RT di dalamnya. Yap, mengikuti perkembangan teknologi Windows Phone dan pastinya tidak mau kalah dengan Nokia Lumia.

Seperti yang kita kenal, Samsung terus menerus mengembangkan Tablet dan Smartphone-nya meski saya sedikit kecewa dengan Galaxy Tab 2 10.1″ nya yang ternyata terjadi penurunan spesifikasi dibandingkan Galaxy Tab 10.1. Perkembangan Galaxy Tab saat itu juga saya ikuti sejak quartal pertama 2012. Saat itu Tab 10.1 masih dijual dengan harga 6 Juta ke atas. Sebelum keluar seri GTab 2 10.1 yang saya pikir memiliki spesifikasi yang lebih di atas dibandingkan pendahulunya. Namun ternyata seri 2 terjadi penurunan kualitas di prosesor dan di kamera. Mungkin ingin mengeluarkan Tablet dengan julukan best price tablet mewah dengan harga murah.

Sebelum keluarnya seri ATIV, Samsung sendiri melanjutkan model Note-nya dengan layar 5 inch menjadi Galaxy Note 10.1. Karena melihat kebutuhan masyarakat pada penggunaan Tablet pen – nya. Kemudian diperkembangannya Samsung mengeluarkan seri ATIV dengan Windows 8/RT nya.

Meski menggunakan Windows 8, Samsung memang mempersiapkan mobilitas untuk Tablet PC tersebut, dengan memperbesar kapasistas baterai sehingga dapat menjalankan proses dengan Intel Atom Z2760 Dual Core dan RAM 2GB. Yang katanya bisa bertahan 10-15 jam dalam jaringan (online). Saya rasa ini standar untuk jenis Netbook.

Selain itu, kapasitas penyimpanannya juga cukup lega. Jika dibandingkan dengan GTab yang paling murah hanya bisa mencapai 16 – 32GB namun ATIV smart PC bisa mencapai 64GB dengan media penyimpanan SSDnya. ATIV Smart PC juga telah ditanam modem, GPS, Bluetooth dan Wifi, yang memang merupakan kebutuhan standar untuk perangkat mobile.

Berbeda dengan Galaxy Tab 10.1 yang tidak ada slot Micro SD (ada di GTab 2 10.10), Samsung ATIV kali ini memberikan slot Micro SD up to 64 GB dan yang sangat dibutuhkan lagi yaitu sebuah Port USB. Selain itu, Samsung ATIV juga memberikan Micro HDMI untuk menyambungkan perangkat ke media proyeksi seperti TV / Proyektor.

Awal keluarnya Samsung ATIV Smart PC sekitar 9 Jutaan dengan keyboard docking dan 8 Jutaan tanpa docking.

(962)

About the Author:

Leave a comment

*