Nov
25
2012

Menyelesaikan Masalah Xapush Ads pada Notifikasi Android

Hati – hati jika anda memasang aplikasi android meskipun secara resmi di download melalui Play Store, karena beberapa aplikasi membawa ads atau iklan yang bukan hanya menggunakan akses data di ponsel android anda tapi juga membaca berbagai data termasuk lokasi anda. Selain itu, iklan – iklan seperti ini juga mengganggu seperti yang saya temukan ini yaitu XAPUSH ADS.

Awal mulanya saya mendownload sebuah aplikasi gratis di Play Store kemudian menginstallnya secara otomatis. Namun ternyata aplikasi tersebut tidak dapat digunakan dengan baik dan hanya memunculkan iklan – iklan yang tidak jelas. Akhirnya saya memutuskan untuk menghapusnya. Namun ternyata tidak selesai sampai di sini, masih ada masalah berlanjut setelahnya. Secara tiba – tiba ponsel saya memunculkan notifikasi setiap sekitar 20 – 30 menit sekali yang berisikan link iklan dari XAPUSH.

Kebingungan saya berlanjut setelah mencari sumbernya, namun tidak ditemukan. Akhirnya saya mencari solusinya di Google dan menemukan cara diberbagai artikel dan forum android. Pertama menggunakan Ad Network Detector dari Lookout Labs yang bisa di download secara gratis di Play Store, namun tidak memberikan solusi yang pasti karena hanya mencari beberapa aplikasi yang menggunakan fasilitas ads dibalik gratisnya. Kemudian saya menggunakan AdAway (gratis) dan akhirnya memberikan solusi yang nyata karena iklan tersebut sudah tidak ada lagi dengan menggunakan fasilitas Ad Block nya.

Ada pula cara ketiga yang saya dapatkan di forum android (http://forums.androidcentral.com/verizon-droid-incredible/117933-how-successfully-uninstall-optout-xapush-ads.html) yaitu menggunakan aplikasi Xapush Detector dari Play Store (bisa dicari sendiri). Mungkin bagi anda yang tidak sengaja mengalami kejadian yang sama seperti saya mungkin bisa menggunakan beberapa aplikasi tersebut. Jika ada yang perlu ditanyakan bisa langsung menuliskan komentar di bawah.

(1538)

About the Author:

Leave a comment

*