Nov
9
2012

Tips Saat Mengerjakan Skripsi (yang tidak membuat galau)

Rata – rata mahasiswa semester akhir pasti galau kalau masuk masa – masa skripsi. Nah, bagaimana caranya biar tidak galau? *bahasa apaan sih galau galau.. ckckck…

Lalu bagaimana biar semangat dalam menyelesaikan skripsi atau tugas akhir, begini ceritanya eh caranya.

1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
Ini penting, kalau kamu memang benar-benar percaya padaNya. Karena usaha tanpa doa itu akan sia – sia dan doa tanpa usaha juga tak berguna. :)

2. Pasang target dan buat jadwal
Cobalah untuk memulai memeras diri sendiri sebelum diperas oleh orang lain, seperti itulah kenyataan di dunia kerja nantinya baik yang bekerja sebagai bawahan, atasan atau wirausaha. Tetap ada peran orang lain yang berusaha membuat otak kita diperas habis – habisan. Sebelum mereka melakukan itu, lakukan dulu pada diri sendiri. Jangan tertipu dengan batas akhir munaqosah dan segala macamnya. Jika kamu pelupa, sebaiknya menuliskan besar – besar kapan deadline untuk skripsi kamu, dan kapan kamu menyelesaikan persiapannya.

3. Hilangkan rasa malas
Rasa inilah yang sering muncul jikalau mengerjakan skripsi, godaan – godaan social network, film yang baru rilis sampai dengan perut lapar. Cobalah untuk memprimerkan skripsi, dahulukanlah (kecuali kalau lapar tadi sebaiknya makan dulu). Hal – hal sekunder dan tersier jauhkan dulu dari pikiran. Jika muncul kata – kata mau refreshing, YA! otak memang mau refreshing namun bukan itu refreshing selama skripsi. Kalau muncul rasa malas, ingatlah mereka yang ada di Sekolah Luar Biasa karena dengan kekurangan yang mereka miliki, mereka masih bersemangat untuk belajar. Ingatlah mereka yang lumpuh, namun masih mau berusaha untuk pergi ke kampus. Ingatlah mereka yang tidak punya apa – apa dan harus bekerja siang dan malam demi bisa duduk di bangku kuliah. Ingatlah itu.

4. Melakukan manajemen penyimpanan file
File skripsi baik soft maupun hard lebih baik disusun dengan baik, mana letak resource dan bahan referensi digital, mana bahan bahan data penelitian, mana lokasi aplikasi dan mana file skripsinya. Karena jika tersusun rapi kamu akan enak melihatnya, penulisan nama pun disesuaikan misalnya “skripsi.doc” dan setelah revisi pertama jadi “skripsi.rev1.doc” sampai akhirnya “skripsi.rev93.muna.final.doc”. Manajemen ini membuat kita menjadi rajin dan tidak malas dalam mengerjakan skripsi. Andai saja file referensi lupa taruh dimana, pasti akan malas untuk mencari – cari lagi dan juga membuang – buang waktu.

5. Istirahat yang cukup
Hal ini sangat perlu selama skripsi, istirahatlah jika capek atau lelah dan jangan dipaksakan. Jika kamu ingin mengejar target. Sebaiknya banyak hal lain yang dikurangi kecuali istirahat. Karena jika sampai kamu sakit, skripsi kamu bakal ngadat.

6. Manjakan tubuh
Ini baru refreshing, memanjakan tubuh dengan hidangan – hidangan yang menggugah selera atau memanjakannya dengan lokasi tempat mengerjakan skripsi yang nyaman. Kalau misalkan di rumah ramai dan bikin suntuk, cobalah untuk menyewa Villa atau apartemen selama 2 bulan. Pasti mahalkan, namun saat itulah tubuh kamu merasakan kenikmatan dan mengembalikan semangat untuk mengerjakan skripsi. Cepat selesai, cepat keluar dari sana dan biaya jadi murah :).

7. Negosiasi dengan dosen
Harus bisa, yang jelas negosiasi di sini harus menguntungkan kedua belah pihak. Misalkan memohon untuk melakukan bimbingan secara online melalui e-mail dan dalam bentuk PDF dengan alasan logis untuk kemudahan dosen tidak perlu mengadakan pertemuan langsung dengan mahasiswanya hanya sekedar untuk mencorat coret skripsinya. Toh, sekarang sudah banyak dosen dan mahasiswa yang pakai tablet dan banyak aplikasi yang bisa dipakai untuk corat coret. Selain praktis juga memudahkan keduanya dalam bimbingan.

8. Gambarkan keinginan akhir
Apa yang kamu mau setelah lulus? apa yang kamu mau setelah selesai skripsi? Gambarkan dalam pikiranmu, gambarkan di tempel di dinding. Entah itu kamu mau S2 ke Korea Selatan mungkin atau kamu mau kerja di Pentagon atau mungkin kamu mau menikah dengan Putri Inggris. Jika kita lihat tips nomor 2, kamu mencoba untuk memasang target dan ini lah tujuannya. Jika kamu merasa tersiksa dengan skripsi dan kamu ingin mengakhirinya maka kamu selesaikanlah.

9. Sabar dan pasti ada jalan
Jika beberapa tips tidak berguna, bersabarlah karena terkadang dapat dosen pembimbing killer atau mungkin dosen pembimbing ternyata harus ke luar negeri dan sebagainya. Ya… mau bagaimana lagi, harus bisa bersabar sesabar – sabarnya :)

 

(2260)

About the Author:

Leave a comment

*