Nov
7
2012

Review LG Optimus Dual Net P-689

Handphone Android yang menggunakan dual sim. Sangat jarang ada di pasaran namun LG membuat trobosan baru untuk memenangkan pasaran handphone android. Meskipun rivalnya Samsung mengeluarkan jenis handphone yang sama yaitu Galaxy Young Duos, akan tetapi kualitas pixel dari LG lebih baik dari Samsung dan harganya pun lebih mahal meskipun sebagian spesifikasi sama.

Akhir – akhir ini pasaran Android dual sim mulai ramai sampai pada akhirnya Sony Xperia pun mengeluarkan Android dual sim yaitu Sony Xperia Tipo Dual dengan harga sekitar Rp. 1,6 jutaan. Cukup murah dibandingkan LG Optimus Dual Net yang masih menggunakan Android 2.3.4 sedangkan Sony Xperia Tipo sudah menggunakan Android 4.0 ICS.

Kembali ke LG Optimus Dual Net, bagi saya handphone ini cukup membantu dengan fitur dual simnya. Dual sim yang digunakan ini untuk membedakan antara SIM Card untuk sms dan telepon dan SIM Card untuk internet. Bahkan dual sim ini menyala semuanya atau dual on. Sehingga memudahkan jika suatu saat ada sms dari SIM 1 atau SIM 2. Namun dibalik kemudahan fitur dual sim-nya terdapat kekurangan yaitu sering terjadi kegagalan dalam mengirimkan sms atau bahkan hilangnya sinyal di salah satu SIM Card terutama yang bukan digunakan untuk akses data / internet. Kemungkinan hal ini terjadi karena kartu SIM terus menerus mengakses data sehingga mengalahkan SIM Card non data. Untuk mengantisipasi hal ini, akses data terkadang harus dimatikan tapi akan memperburuk dalam melakukan sinkronisasi data terutama untuk aplikasi jejaring sosial dan chat.

Kelebihan lainnya, handphone dengan harga Rp. 1,7 jutaan sudah memfasilitasi kameranya dengan autofocus. Kebanyakan dari handphone Android di bawah Rp. 2 jutaan biasanya mengurangi beberapa fiturnya. LG Optimus Dual Net juga memiliki akses WIFI, GPS serta Bluetooth 3.0. Jika disambungkan dengan produk LG lainnya seperti LG Smart TV, handphone ini juga memiliki fitur SmartShare untuk membagikan Video, Musik dan Foto ke Layar TV terutama televisi LG yang terpasang WIFI di dalamnya.

Dari review di atas dapat diambil kesimpulan.

Kelebihan :

  1. Harga murah untuk jenis handphone Android.
  2. Sudah memiliki bluetooth 3 (meski jarang dipakai mengirim data antar bluetooth 3)
  3. Kamera 3,2 MP dengan Autofokus.

Kekurangan :

  1. Dual sim dengan 1 sim 3g. (Galaxy Y Duos dan Xperia Tipo bisa 3G untuk kedua sim-nya)
  2. Sering mengalami kegagalan dalam pengiriman pesan jika data berjalan (ON).
  3. Android 2.3.5 untuk prosesor ARM 800Mhz (Xperia Tipo sudah menggunakan Android 4 dengan RAM dan prosesor yang sama).

(1116)

About the Author:

Leave a comment

*