Nov
6
2012

Indoor Positioning System with Smartphone Research

Setelah menghabiskan waktu selama 7 bulan, akhirnya penelitian ini selesai juga dengan hasil yang sangat memuaskan :). Penelitian yang terfokus pada tingkat akurasi dan penemuan konsep baru dalan Indoor Location. Penelitian ini saya lakukan untuk memenuhi Tugas Akhir saya di Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga. Meski merupakan konsep penelitian yang bisa dibilang baru di Indonesia, namun bagi saya ini sudah termasuk terlambat karena di luar termasuk perusahaan besar seperti Google telah membuat Indoor Maps.

Oleh karena itu, fokus saya di sini ingin mengetahui bagaimana pengaruh dari akses poin dan akurasinya dalam menentukan lokasi di dalam ruangan. Kita tahu bahwa GPS tidak dapat menembus gedung / sangat sulit dalam mengunci satelit dan akurasinya pun kurang bagus. Dari hasil penelitian ini dengan menggunakan lebih dari 200 data sebagai pembanding mendapatkan akurasi sekitar 46% dengan menggunakan referensi akses poin dalam sebagai acuan penentu lokasi.

Cara kerja dari Indoor Positioning System yang saya teliti ini adalah melakukan klasifikasi ruangan dengan memanfaatkan kekuatan sinyal yang didapatkan dari akses poin kemudian diproses dengan menggunakan smartphone. Pada judul ini tidak mengkhususkan menggunakan smartphone apa karena smartphone itu banyak jenisnya. Paling tidak, akan memudahkan dalam pengembangan kedepannya. Smartphone hanya sebagai alat pembantu dalam perhitungan dan untuk mendapatkan data. Selebihnya tergantung pada hasil akhir.

Untuk lebih lengkapnya dapat dibaca di sini.

http://www.4shared.com/office/WrYe_uBM/Skripsi_Indoor_Positioning_Sys.html

(761)

Leave a comment

*