Oct
29
2012

The Shawshank Redemption, Cerita di Balik Penjara

Hampir 80% cerita ini hanya menceritakan kehidupan di dalam penjara bernama Shawshank. Film yang dibintangi oleh Tim Robbin dan Morgan Freeman ini memiliki rating tertinggi di Top 250 IMDB (Internet Movie DataBase). Meski secara utuh film ini adalah drama fiksi, namun ceritanya membuat penasaran. Tidak ada adegan aksi yang menegangkan di sini. Walaupun tidak tegang, film berdurasi 142 menit ini membuat penonton penasaran apa yang akan terjadi selanjutnya.

Menceritakan tentang Andy Dufresne yang di penjara karena tuduhan membunuh istri dan selingkuhan istrinya dan kemudian dia berteman dengan Red di penjara Shawshank. Hari berganti hari, hingga ada seorang remaja yang dipenjara akibat mencuri TV Set. Dialah yang mengetahui siapa yang membunuh istri Andy, Andy pun tidak terima atas tuduhan yang diberikan kepadanya hingga harus mendekam di penjara selama 20 tahun. Andy termasuk orang yang pendiam, ternyata telah merencanakan melarikan diri dari penjara tersebut karena merasa tidak bersalah. Selama 20 tahun dia mencoba menjebol dinding penjara yang tebal dengan palu yang dari Red.

Tak ada yang tahu hal itu termasuk teman dekatnya, Red. Bahkan saat di introgasi oleh kepala penjara, Red tidak tahu apa – apa soal menghilangnya Andy. Bahkan ia menyangka Andy bunuh diri karena meminta tali kepada temannya. Red suka dengan usaha Andy. Tidak hanya itu, yang dilakukan Andy selama di penjara sangat mengubah kehidupan di dalamnya bukan hanya kepada para napi tapi juga para sipir penjara. Sampai akhir sebelum Andy melarikan diri, ia mencoba untuk menyimpan bukti adanya korupsi yang dilakukan kepala penjara.┬áSetelah Andy keluar dan melaporkan semuanya ke pihak berwajib akhirnya kepala penjara mengaku kalah dan bunuh diri akibat tidak mampu menanggung malu.

Banyak hal menarik terjadi di Shawshank, untuk lebih jelasnya bisa di tonton sendiri. Banyak ngomongnya tapi ga bikin ngantuk.

(1071)

Leave a comment

*