Oct
26
2012

Nostalgia dengan Game Lawas

Teringat saat berumur 7 tahun dibelikan sebuah konsol yang sering disebut dengan SEGA, ciri – cirinya memiliki kaset game kecil dibandingkan dengan Nintendo saat itu dengan bonus 3 kaset game yaitu Chase HQ, Tiny Toon Adventure dan 33 in 1 Games (sudah lupa ada game apa aja soalnya yang ini hilang). Konsolnya sejenis SEGA GENESIS *ntah asli apa ga tapi sayangnya karena jaman dulu sangat – sangat mewah kalau sudah punya seperti itu, saya pakai main game sampai larut malam, Alhasil, ada komponen yang terbakar dan saat mau di cari sparepartnya, malah lupa ditaruh dimana komponen itu. Yah, sampai sekarang cuma jadi kenangan saja tidak dapat digunakan sama sekali.

Beberapa hari yang lalu teringat dengan sebuah game dengan pemeran utama seekor cacing. Tapi saya lupa namanya, beberapa kali cari file downloadnya yang didapat WORMS tahun 1995. Namun bukan game tersebut yang saya cari akhirnya dicari kesana kesini dan ketemu dengan game EARTHWORM JIM dan EARTHWORM JIM 2. Inilah game yang saya cari dari dulu. Saya kenal game ini saat pertama kali pakai komputer dengan spesifikasi Pentium II MMX, VGA 32MB. Pada jamannya tahun 1998-1999 merupakan komputer yang lumayan bagus karena sudah mendukung multimedia dan ada VGA nya lagi.. meski hanya 32 MB. Namun cukup kuat untuk memainkan Virtua Cop, Virtua Fighter dan beberapa emulator Sony Playstation 1. Namun, umurnya berakhir setelah menemani saya selama 4-5 tahun. Komputer Pentium II itu masih bisa bertahan sampai saya SMP loh tahun 2004, sampai akhirnya di upgrade menjadi Pentium III. Saat itu sudah banyak komputer Pentium IV

Karena ingin tahu yang tinggi dan kurang mengerti soal komputer lebih dalam, saya biasanya melakukan trial and error dan lebih banyak error-nya :D. Pentium III tidak bertahan lama hanya sekitar 1 tahun kemudian jebol. Akhirnya diganti dengan Pentium IV sampai sekarang masih bertahan namun saya sudah tidak sanggup men-supply tambahan lagi seperti RAM, VGA dan lainnya karena sudah sangat lama serta sulit mencarinya.

Game lama seperti Midtown Madness pernah saya mainkan di komputer Pentium II. Masih kuat saat itu, merupakan game untuk Windows 98 (yang kemudian saya upgrade menjadi Windows ME). Tapi sekarang kebanyakan game seperti itu (game lawas) sudah tidak bisa dimainkan di komputer jaman sekarang. Saya teringat dengan game Tiny Toon Adventure setelah saya mendownload Earthworm Jim. Game itu sering menemani saya saat masih kecil :)

Akhirnya saya mencarinya di google dan mendownloadnya secara GRATIS. Tapi saya akui, dulu saya lebih rajin dan lihai memainkan game ini dibandingkan sekarang. Sekarang malah sering kalah hahahahaha….
Bagi temen – temen yang pengen nostalgia dengan game dulu. Mungkin beberapa situs dibawah ini bisa membantu.

1. Cool ROM – http://coolrom.com
Isinya lengkap dari ATARI, SEGA, NINTENDO sampai PLAYSTATION ada, tapi emulator dan ROMnya terpisah.

2. Pyramid Games – http://www.pyramid-games.com/
Isinya tidak begitu lengkap namun emulator dan ROM jadi satu, jadi tidak perlu LOAD ROM setiap kali main.

Beberapa must download old games yang menurut saya menarik.

1. Rambo III – Sega Genesis

Dulu asik pada jamannya, lebih asik kalau pakai joystick karena bisa lebih cepat dalam melakukan perlawanan hehehe… 😀


2. Chase HQ 2 – Sega Genesis

Game kejar – kejaran seperti NFS Hot Pursuit namun jadul banget :D. Seru kalau saat itu belum pernah ngerasain serunya main NFS Hot Pursuit 3 😀


3. Tiny Toon Adventure – Sega Genesis

Game petualangan yang seru abis tapi butuh kesabaran karena kesempatan hidupnya hanya 3x jadi jangan sampai menyentuh musuh ya :)


4. Elevator Action – MAME

Game ini side view action lebih khusus pada sebuah elevator, seorang pemeran protagonis melawan musuh – musuhnya disetiap lantai dengan melewati elevator / lift. Lantai demi lantai sampai lantai paling puncak.


5. Icy Tower – Windows 98

Game lompat – lompat menaiki menara es, di awal level masih tangga kayu kemudian naik sampai batu dan paling tinggi yang pernah saya mainkan batu ber-es yang licin.


6. Power Shovel – Play Station

Hampir mirip dengan game simulator namun setiap level pekerjaan di beri waktu. Game menjalankan eksavator merk Komatsu dengan berbagai jenis mulai dari yang paling kecil untuk mengangkut pasir dan batu sampai paling besar untuk menahan lava dan memecah batu.


7. Earthworm Jim – Sega Genesis

Game petualangan yang diperankan oleh seekor cacing, kesulitannya hampir seperti Tiny Toon Adventure namun seru jika menggunakan joystick.


8. Contra – Sega Genesis/Nintendo

Kita semua tahu dengan game yang satu ini, pasti banyak yang ingin bernostalgia dengannya.


9. Midtown Madness – Windows 98/ME

Game balap yang paling populer pada masanya lebih mengesankan daripada NFS karena ada fitur damage untuk kendaraannya jadi jangan sampai rusak.


10. Chip Challenge – Windows 95/98/ME

Game puzzle ini cukup menantang meskipun terlihat simpel, namun cukup memutar otak ketika memainkannya.

(5170)

About the Author:

7 Comments+ Add Comment

  • sepakbola yang banyak jurusnya itu apa judulnya gan???

    • konsol apa pc gan? ga pernah main sepak bola hehehe

  • Chip challange tuh yang dy harus ambil kunci untuk buka block ya??
    Saya cari2 game itu… Ada linknya gak gan?

    • Iya gan. Coba cari d google gan. Ane juga lagi nyari nih.

  • gw juga sama , dulu gw paling jago maen game sega , terutama sonic 100 % gx salah . dr awal smpai akhir tanpa lepas yg nama nya ring kios lengkap 7 dan poko gw udah dewa. tp skrang gw sering salah , hehei gx tau knpa dulu aku masih umur 5 tahunan

    • mungkin dulu otak kita masih fresh kali ya. belum banyak beban hidup. hehehe

  • Hai, yg tertarik membeli console game lawas bisa di beli di tokped/BL/ toko DeLLzStore..

Leave a comment

*