Oct
26
2012

Indoor Positioning System Alpha Ver.1.3 (Realtime Simulation)

Aplikasi ini merupakan hasil dari skripsi saya yang berjudul “Indoor Positioning System Menggunakan Smartphone” yang pernah saya posting beberapa waktu lalu ( Skripsi – Penelitian Indoor Positioning System ). Dimana saya menggunakan aplikasi ini sebagai alat bantu untuk mengukur akurasi penentuan lokasi berbasis ruangan di Laboratorium Terpadu UIN Sunan Kalijaga. Aplikasi yang baru bisa berjalan di perangkat Android dan tidak menggunakan database, hanya menggunakan file teks yang diproses ke dalam array sebagai acuan data.

Untuk versi 1.3 Alpha berbeda dengan versi 1.2.2 yang hanya merupakan simulator sedangkan versi ini dapat digunakan secara realtime dengan batasan lokasi hanya di Laboratorium Terpadu UIN Sunan Kalijaga. Aplikasi ini tidak menentukan koordinat hanya menentukan apakah perangkat smartphone bisa menentukan sebuah lokasi berdasarkan tangkapan sinyal Wifi di lokasi tersebut yang dihitung dengan menggunakan algoritma kNearest Neighbor dan berdasarkan data latihan yang telah didapatkan selama penelitian.

Hasil dari implementasi didapatkan akurasi sebesar 38% untuk setiap data yang benar. Memang masih jauh dari harapan namun penelitian ini masih berlanjut.

Untuk file Aplikasi dan Source Code-nya akan segera diupload.

(491)

Leave a comment

*