Oct
26
2012

Beberapa Aksesoris Kamera yang Sangat Membantu

Bagi pecinta fotografi, kalian pasti banyak berfikir apa saja sih tambahan yang harus dimiliki oleh seorang fotografer. Oke, menurut pengalaman yang saya miliki selama berkecipung di dunia fotografi beberapa aksesori di bawah ini bisa dikatakan sangat membantu fotografer. Mungkin sebagian orang tidak, namun beberapa aksesoris tersebut bisa sebagai pilihan tambahan untuk membantu dalam hunting foto. Beberapa aksesoris di bawah ini merupakan aksesoris yang biasa saya gunakan.

1. Filter UV
Merupakan filter normal yang sangat berpengaruh jika digunakan pada kamera analog namun untuk kamera DSLR yang bersifat digital filter ini tidak berpengaruh banyak pada hasil foto. Memilih filter UV tidak sembarangan karena jeleknya coating sangat berpengaruh pada  hasil foto karena bisa menyebabkan flare. Kegunaan dari filter UV pada DSLR bisa sebagai pelindung kaca lensa paling depan dari kotoran, debu hingga krikil (wow motret tawuran mungkin :D). Paling tidak jika kotor, tergores atau pecah tidak langsung mengenai lensa utama dan masih bisa diganti dengan biaya yang lebih murah dibandingkan perbaikan lensa.

2. Tas Kamera
Termasuk aksesoris atau bukan tapi ini harus, karena dengan tas tersebut melindungi kamera dari percikan air, kotoran sampai benturan sekalipun juga mempermudah dalam membawanya kemana – mana. Tas kamera juga bisa membawa banyak lensa lain serta aksesoris lainnya.

3. Tripod/Monopod
Bagi sebagian orang, kebutuhan tripod bisa menjadi sekunder atau tersier namun ada pula yang menjadi primer terutama yang suka narsis di tempat wisata. Daripada kamera di taruh tidak pada tempatnya lebih baik bawa tripod kan? Monopod juga banyak yang suka karena membantu mengurangi goyangan tangan saat pengambilan gambar terutama saat menggunakan speed rendah.

4. Flash External
Merupakan flash tambahan bisa dipasang di kamera maupun remote. Flash seperti ini membantu dalam hal pencahayaan apalagi pemotretan di dalam ruangan. Flash merk cina bisa didapat dengan harga Rp.300rb-500rb namun jika ingin membeli yang lebih expert bisa menggunakan flash yang bermerk seperti Canon/Nikon dengan harga Rp. 2 Juta – 4 Juta. Menggunakan flash eksternal memiliki hasil yang lebih baik dibandingkan dengan flash built-in pada kamera karena hasilnya lebih soft jika digunakan dengan benar.

5. Trigger (jika memiliki Flash External) 

Apabila anda telah memiliki flash external mungkin anda bisa membeli trigger agar flash tersebut bisa digunakan off shoe. Maksud dari off shoe di sini adalah flash tidak terpasang langsung di kamera namun menggunakan trigger tersebut. Biasanya perangkat seperti ini digunakan oleh pecinta Strobist.

6.  Shutter Release.
Bagi anda yang suka dengan light painting, shutter release sangat membantu untuk mengambil foto dengan bulb. Hasilnya pasti menarik dan shutter release ini membantu agar kamera tidak goyang saat menekan tombol release.

7. Shutter Remote.
Jarang digunakan namun kadang perlu, karena biasanya beberapa dari kita lumayan capek kalau harus lari – larian jika foto bareng dengan menggunakan timer 10+2 detik. Jika menggunakan shutter remote yang di set +2 detik akan sangat memudahkan bukan?

8. Camera Strap
Sudah pasti harus ada, tanpa ini keamanan kamera sangat terancam. Banyak jenis strap dijual mulai yang berbentuk fashion (ada tulisannya keren – keren), Strap biasa yang diletakkan dileher atau Strap kamera yang berteknologi tinggi seperti BlackRapid.

9. Blower + Lenspen (+ lap khusus)
Wajib punya kalau yang ini.. apakah anda mau filter atau lensa anda kotor apalagi kena bercak jari dan debu. Blower dan lenspen lah solusinya. Memang punya harga yang cukup mahal namun kedua alat ini sangat membantu untuk membersihkan lensa dan kamera serta sensor. Jangan pernah meniup lensa apalagi sensor, khawatir nanti ludahnya nyemprot ke sana :D. Ada pula tambahan seperti lap khusus untuk perangkat elektronik dan lensa serta cairan pembersihnya.

(643)

Related Posts

About the Author:

Leave a comment

*