Oct
10
2012

Rooting LG Optimus Dual Net ( LG P-689 )

Mungkin bagi yang masih newbie yang namanya rooting Android sedikit menakutkan. Karena “katanya” kalau ada kesalahan bisa membuat perangkat android mati total. Ternyata rooting berbeda dengan jailbreak pada iPad/iPhone dan upgrade firmware pada Nokia. Rooting pada android hanya mengubah sistemnya agar dapat diakses dengan superuser. Sehingga dapat mengakses aplikasi yang tersimpan di sistem serta membuka folder yang tersimpan dalam direktori sistem.
Untuk jenis hp murah seperti ini agak sulit mencari tutorialnya walaupun sudah tidak keluar lagi untuk seri ini. Aksesorisnya saja sulit di dapat dipasaran. Akhirnya mendapatkan tutorial lengkapnya di forum XDA-Developers (http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1443115). Ada 2 jenis hp dual net yang berbeda di setiap negara yaitu P-690 dan P-689, dengan cara unroot yang berbeda pula.
Berikut tutorial yang saya dapatkan dari xda-developers. Sebenarnya tutorial untuk P-690 tapi sudah saya coba lakukan untuk P-689.
1. Download Superoneclick 2.2 di sini
—————————————–
Setelah mengunduh, ekstrak dimana saja yang Anda inginkan. Kemudian masuk ke folder sistem dimana Anda melakukan instalasi OS (cnth. Win XP, Win 7 dsb). Sebut saja drive ‘X’, kemudian masuk pada X:/WINDOWS/system32/cmd.exe dan copy file tersebut. Sekarang pergi ke lokasi dimana Anda mengekstrak Superoneclick. Di dalam folder tersebut terdapat folder “ADB”, buka dan paste file ‘cmd.exe’ yang telah Anda copy sebelumnya.
2. Sekarang dibutuhkan LG ADB Drivers.
———————————————–
Jika Anda pernah mendownload sebelumnya. Anda dapat melewatinya, tapi jika belum anda dapat mengunduhnya di sini -> www.junefabrics.com/bin2/LGDriver.exe.
Sangat direkomendasikan untuk merestart ulang setelah instalasi driver.
3. Sambungkan perangkat
—————————–
Setelah instalasi driver, sambungkan Optimus Net anda menggunakan kabel data. Pada perangkat Anda, masuk bagian Setting > Applications > Development > USB Debugging. Beri tanda centang pada checkbox,  ini akan memberikan anda peringatan lalu klik OK. Ketika anda menyambungkan perangkat Anda akan melihat ‘Turn USB storage on’. JANGAN NYALAKAN. Setelah menyambungkan anda akan melihat pada bagian notifikasi ‘USB Debugging On’ yang berarti Anda telah menyelesaikan sambungannya.
Sekarang sebelum melakukan rooting. Masuk pada Setting > Storage > Unmount SD Card, hal ini akan menanyakan apakah Anda ingin melakukan unmount, lalu klik OK. Setelah dilakukan unmount Anda dapat memulai rooting. PASTIKAN ANDA TELAH MELAKUKAN UNMOUNT KARTU SD KARENA KEMUNGKINAN DATA ANDA AKAN TERHAPUS.
4. Sekarang lakukan rooting
—-
Masuk pada folder ADB. Ingat cmd.exe yang Anda paste di sana? eksekusilah.
PENGGUNA WINDOWS 7 SEBELUM MENGEKSEKUSI CMD, ANDA KLIK KANAN DAN KLIK PADA “RUN AS ADMINISTRATOR”.
Dalam command prompt, tuliskan seperti berikut. (spasi harus benar-benar ditulis atau perintah tidak bekerja)
adb device (tekan enter) : setelah perintah ini Anda akan melihat id perangkat Anda.
adb shell (tekan enter) : setelah perintah ini Anda akan melihat tanda $
$ echo 1 >/data/local/lge_adb.conf (tekan enter)
JANGAN TEKAN CLOSE, HANYA ME-MINIMIZE SAJA.
Sekarang kembali ke folder ekstrak Superoneclick dan jalankan superoneclick.exe

Pada jendela aplikasi sebelah atas kiri akan ada pilihan ‘ROOT’ klik pilihan itu.

Tunggu sampai selesai, dan perangkat akan me-reboot sendiri.

[ ini tidak akan merusak perangkat Android Anda. Jika ingin membatalkan ROOT, lakukan hal yang sama lalu tekan UNROOT ]

(1001)

Leave a comment

*