Oct
9
2012

Menampilkan Tampilan Handphone Android ke Layar PC

Awalnya ini merupakan tugas untuk presentasi aplikasi Android, karena akan sangat menyulitkan bagaimana memberikan demonstrasi aplikasi tersebut kepada audience. Akhirnya saya mencari cara untuk menyambungkan handphone Android ke PC dengan bantuan Android SDK.
Ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelumnya seperti yang saya dapatkan dari situs http://www.howtogeek.com.
KEBUTUHAN
1. Perangkat Android (haa.. sudah pasti, kalau tak ada ini apa yang ingin disambungkan)
2. Kabel data
3. Download Android SDK di sini. (lakukan instalasi sesuai perintahnya).
4. Download aplikasi AndroidScreencast.
5. Tambahan : Jika komputer anda belum memiliki Java Runtime harap download di sini 


Konfigurasi Android SDK (pada Windows 7)

Tidak banyak yang dilakukan di sini, hanya men-download arsipnya kemudian ekstrak ke dalam folder android-sdk-windows (terserah di mana saja meletakkannya). Kemudian buka folder tersebut dan jalankan SDK Manager.exe.
Setelah itu akan muncul tampilan seperti di bawah ini, Anda hanya memerlukan tools saja maka fokuslah pada Android SDK Platform-tools. Sisanya tinggal di uncheck saja karena kita tidak melakukan pengembangan aplikasi Android.

Tes koneksi antara PC dengan perangkat Android

Hal ini sangat perlu agar benar – benar yakin perangkat Android yang telah kita sambungkan ke PC telah terdeteksi oleh ADB. Pertama – tama, sambungkan perangkat Android menggunakan kabel data, kemudian masuk ke folder android-sdk-windows, yakinkan bahwa terdapat folder platform-tools di dalamnya. Jika tidak ada, coba ulangi instalasi Android SDK tersebut.
Buka folder platform-tools, maka Anda akan melihat file adb.exe. Kemudian, jalankan command prompt lalu drag and drop adb.exe ke dalamnya (biar gampang). Ketikkan devices setelah tulisan adb.exe seperti pada gambar di bawah ini, kemudian tekan Enter.
Jika perangkat ditemukan maka akan tertulis seperti pada gambar di atas.
Menjalankan Android Screencast


Setelah men-download Android Screencast, bawa file androidscreencast.jnlp yang telah ter-download tadi ke dalam folder android-sdk-windows. Setelah selesai, klik dua kali file tersebut maka akan muncul splash screen seperti gambar di atas yang berarti aplikasi telah berjalan. Jika berhasil tampilan yang ada pada handphone android akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.

(1158)

About the Author:

Leave a comment

*