Jun
6
2012

Mobile Banking : Transaksi Ada di Tangan Anda

Transaksi ada di tangan Anda

Selama ini saya sering menggunakan fasilitas perbankan berupa internet banking dimana memberikan kemudahan untuk melakukan pembayaran dan pembelian apapun termasuk transfer dana ke bank manapun, kapanpun.. dan dimanapun Anda berada. Dengan memanfaatkan jaringan internet, Anda tak perlu lagi repot untuk melakukan transaksi perbankan. Kali ini lebih mudah dibanding Internet Banking yaitu Mobile Banking. Mirip dengan Internet Banking akan tetapi Mobile Banking lebih dari gabungan antara Internet dan SMS Banking. Bedanya jika Internet harus menggunakan Token untuk membuat PIN dinamis. Sedangkan SMS Banking hanya menggunakan PIN SMS Statis. Dari segi kemudahan dan kecepatan lebih cepat SMS Banking. namun dari segi keamanan lebih aman Internet Banking.

Lalu bagaimana dengan Mobile Banking? Adalah gabungan keduanya dengan keamanan yang dimiliki Internet Banking dan kemudahan yang dimiliki SMS Banking. Mobile Banking baru

bekerja di beberapa perangkat seluler yang bisa dikatakan berteknologi tinggi seperti Android, iOS dan BlackBerry. Setiap nasabah yang sudah terdaftar dalam SMS Banking bisa mengunduh aplikasi Mobile Banking seperti yang saya gunakan adalah Mandiri Mobile Banking. Sebelumnya BCA mengeluarkan Klik BCA mobile yang bekerja pada BlackBerry dan memberikan kemudahan pada nasabahnya kini Bank Mandiri pun melakukan hal yang sama.

Caranya mudah hanya dengan mendaftar via SMS sesuai dengan perintah perbankan kemudian akan diberi link aplikasi yang bersangkutan. Karena setiap nomor akan mendapatkan token berbeda untuk aplikasinya. Jadi jika punya perangkat lain, token aplikasi lain dengan nomor yang lain. Setiap aplikasi hanya bekerja pada 1 nomor SMS Banking. Jika ingin melakukan transaksi, nasabah diwajibkan untuk melakukan aktivasi dan membuat kode pengaman berupa password sejumlah 8 karakter alpanumerik. dan password ini berbeda dengan PIN SMS Banking.

Karena dari segi keamanan, memang cara ini lebih aman dengan memberikan 2 autentikasi dengan jumlah kemungkinan yang bisa dikatakan sulit. Selain itu, aplikasi tidak dapat berjalan tanpa me

nggunakan nomor yang telah diaktivasi atau nomor SMS Banking jadi jika nomor seluler pada perangkat tersebut diganti maka pengguna tidak dapat menggunakan aplikasi tersebut dan harus mendaftarkan ulang perangkat tersebut.

Lalu bagaimana dengan cara transaksinya? Cukup mudah, sama seperti SMS Banking d
an Internet Banking yaitu diakhir transaksi akan ada sebuah autentikasi kebenaran pengguna. Pengguna akan diminta PIN SMS Banking, setiap akhir transaksi sama halnya dengan Internet Banking dimana pengguna harus menggunakan PIN Dinamis dari Token.

Cukup mudah bukan, dengan menggunakan akses internet yang ada pada ponsel Anda. Anda dapat membayar PLN, PAM, Telepon, bayar kuliah, transfer antar Bank hingga membeli pulsa telepon tanpa harus beranjak dari tempat duduk Anda. Kemudahan seperti inilah yang harus dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan tetap mempertimbangkan dan memperhatikan segi keamanannya.

Kesimpulannya, untuk apa capek – capek ke ATM kalau hanya transaksi non Tunai ? :)

(569)

Related Posts

About the Author:

Leave a comment

*