May
2
2012

Google Maps – Indoor Maps

Satu hal yang paling mengejutkan saya yaitu hadirnya Indoor Maps di peta google. Google memang terkenal dalam pengembangan positioning baik itu pemetaan jalan hingga street view. Walau tidak seluruhnya memiliki fasilitas tersebut. Perkembangan Google Maps begitu cepat, yang pada awalnya merupakan pencitraan foto satelit yang kemudian dikembangkan ke peta jalan dengan informasi jumlah kendaraan dan juga nama jalan. Selain itu Google Maps juga memberikan fasilitas routing dari lokasi tertentu ke lokasi lain. Sangat memudahkan bukan.

Setelah keluarnya Street View dari Google yang memudahkan pengguna untuk melihat langsung kondisi bangungan secara real pada jalan itu. Kini Google Maps mengeluarkan fitur Indoor Maps. Saya penasaran dengan fitur ini. Apakah memiliki tingkat akurasi di dalam ruangan yang cukup baik. Penelitian dan pengembangan tentang Indoor Positioning memang sedang berlanjut saat ini dan ini juga merupakan penelitian yang sedang saya lakukan di Universitas.

Selama ini untuk menentukan lokasi dengan menggunakan smartphone selalu menggunakan GPS. Tapi ada hal yang membuat saya penasaran. Dengan menggunakan smartphone android terbaru saya dapat menentukan lokasi secara kasar dengan menggunakan sinyal operator. Mungkin disini menggunakan perhitungan kekuatan sinyal antar BTS. Lalu untuk meningkatkan akurasi saya harus menyalakan GPS. Oke, sampai di sini masih cukup wajar bagi saya karena GPS memang secara umum digunakan untuk menentukan lokasi. Akurasi lokasi saya menjadi >50m. Namun ada suatu hal yang membuat penasaran, untuk mendapatkan akurasi yang lebih baik lagi saya harus menyalakan penerima wifi di smartphone.

Nah, ini lah yang menjadi penelitian saya. Mengapa Google memanfaatkan sinyal wifi. Padahal pemancar wifi adalah pemancar yang tidak umum dan bebas. Tidak dapat melakukan perhitungan seberapa jauh smartphone dengan pemancar wifi. Tp mengapa Google menggunakannya? Dengan mengaktifkan penerima sinyal wifi. Akurasi lokasi saya menjadi >6m. Waw.. cukup mengesankan. Menjadi sangat akurat.
Hal ini perlu penelitian lebih lanjut.
Sekarang kembali ke Indoor Maps. Apakah akurasi lokasi indoor menggunakan wifi juga? Bisa jadi seperti itu. Outdoor saja menggunakan wifi apalagi indoor?

Pemetaan indoor memang sangat diperlukan untuk memudahkan pengguna mencari lokasi terutama pada gedung gedung berukuran besar seperti pusat perbelanjaan dan airport internasional. Saat ini masih beberapa lokasi yang tersedia di Google Indoor Maps yang dapat dikunjungi bukan hanya lantai pertama tapi hingga lantai tertinggi dari gedung tersebut.

Posted from WordPress for Android

(616)

Leave a comment

*