Apr
20
2012

Memaksimalkan Kamera Ponsel secara Profesional

Saya bukanlah fotografer profesional, tapi sedikit demi sedikit saya belajar dari beberapa master fotografi yang sudah banyak membagi ilmunya kepada saya. Awal mula ikut klub foto di Yogyakarta yaitu Kelas Pagi Yogyakarta. Saya sama sekali belum memiliki DSLR. KPY tidak memaksa para siswanya memiliki kamera. Karena yang namanya belajar foto tidak harus punya kamera. Apalagi DSLR. salah satu pengajar di KPY mengatakan “Mau masuk sekolah pilot apa harus punya pesawat?”

Untuk bisa memotret, pertama harus melatih mata. Kedua mata harus jeli dalam mencari momen dan melakukan framing. Framing di sini yang agak susah, kebanyakan menggunakan jari yang dibentuk kotak untuk membuat frame. Frame membantu mengisolasi objek utama agar lebih terlihat jelas dalam sebuah foto. Framing dapat berasal dari cropping lensa atau dari benda disekitarnya.

Jika memotret menggunakan kamera ponsel memang terlihat kurang profesional, biasa saja dan tidak keren bagi sebagian besar pemula dalam fotografi. Namun, denga sebuah kamera ponsel 3,2 Megapixel saja anda bisa mendapatkan foto yang bagus. Tergantung bagaimana anda mengetahui seluk beluk dari kamera ponsel itu sendiri.


Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memotret menggunakan kamera ponsel.

  1. FOKUS
    Tidak semua kamera ponsel memiliki auto focus. Bagi kamera ponsel yang sudah disertai autofocus, anda dapat melakukan permainan DOF pada foto macro. Karena kebanyakan kamera ponsel lebih terlihat DoF nya saat digunakan pengambilan gambar macro.
  2. NOISE
    Jangan memaksa memotret pada malam hari, kamera ponsel memiliki sensor yang kurang baik untuk digunakan memotret pada malam hari atau di tempat yang kurang cahaya. Anda dapat menggunakan modus malam jika ada. Namun, noise tidak dapat dihindarkan dari hasil foto.
  3. DIAFRAGMA dan SPEED SHUTTER
    Kamera ponsel merupakan kamera auto, anda tidak dapat mengatur diafragma dan speed shutternya. Sehingga anda tidak dapat membuat foto panning. Tapi, anda dapat mengakalinya dengan cara menggunakan modus malam (nightshot), pada modus ini kamera memberikan speed yang cukup rendah. Kemudian tutup kamera anda, kamera akan membaca tidak ada cahaya sama sekali sehingga speed semakin dilambatkan. lakukan panning kemudian potret. Hal ini cukup sulit, perlu latihan yang cukup banyak.
  4. FLASH
    Jangan gunakan flash built-in pada kamera ponsel, selain merusak suasana. hasilnya pun akan terlihat datar.
  5. FRAME
    Pintar – pintarlah mengatur framing, Lensa ponsel adalah lensa fix. Tidak dapat melakukan zooming. Jika memotret candid. Sebaiknya jangan pakai ponsel. Kamera ponsel lebih baik digunakan untuk foto landscape, yang luas. Karena untuk memotret benda yang harus terisolasi, lensa kamera ponsel tidak dapat melakukannya.
  6. PELAJARI
    Pelajari lebih lanjut kamera ponsel anda, beberapa kamera sudah memberikan beberapa pengaturan manual untuk white balance, ISO, exposure sampai memberikan Scene dan pengaturan focus (Landscape / Macro). Berlatihlah menggunakan beberapa Scene yang diberikan ponsel ada (umumnya Scene Sport, Night, Potrait, Landscape) pasti memiliki hasil yang berbeda pada situasi tertentu.
  7. EDIT
    Mau tidak mau, fotografi adalah seni. Editing sebatas perbaikan kualitas juga baik untuk memperbaiki hasil foto dari kamera ponsel. Gunakan beberapa software editing seperti Photoshop atau Lightroom. Atau bisa juga menggunakan Picasa.
  8. APLIKASI
    Jika anda menggunakan smartphone berbasis Android. Sebaiknya anda bisa memanfaatkannya, banyak aplikasi gratis maupun berbayar yang dapat digunakan untuk menghasilkan foto menarik dari ponsel. Anda dapat bermain – main dari hasil foto anda dari ponsel. Hasilnya pun cukup memuaskan.

Berikut beberapa hasil foto yang saya ambil menggunakan kamera ponsel.

(1809)

About the Author:

3 Comments+ Add Comment

  • Keren :)

  • hp ku sering jtoh kira* ngefek ke kamerannya gak ya?

    • klo kameranya sih ga ngaruh. cuma biasanya ngaruh ke layarnya. terutama layar sentuh. bisa error. *pengalaman pribadi*

Leave a comment

*