Mar
25
2012

Skripsi – Penelitian Indoor Positioning System

Setelah sekian lama kuliah, akhirnya tiba juga saatnya penelitian skripsi. Skripsi ini mungkin berbeda dengan skripsi teman – teman saya pada umumnya, karena merupakan penelitian murni bukan pengembangan sistem. Biasanya pada membuat aplikasi, rancangan sistem informasi dan sebagainya. Tapi untuk yang ini aplikasi hanya digunakan sebagai tools pembantu saja.

Ada banyak metode yang digunakan dalam menentukan lokasi perangkat di dalam ruanga. Pertama, teknik triangulasi yang menentukan lokasi dengan mencari 3 pemancar terdekat dan menghitung jaraknya. Kedua, metode survei lokasi, yaitu mencari lokasi akses poin dan melihat sebaran sinyalnya dalam ruangan kemudian menghitungnya untuk menentukan lokas. Terakhir adalah fingerprinting, yaitu mencatat beberapa titik pada ruangan tersebut kemudian membuat beberapa titik kemungkinan lokasi.

Penelitian ini, menggunakan metode terakhir, dengan menentukan beberapa titik dan kekuatan sinyal yang didapatkan. Kemudian diproses dengan algoritma tertentu untuk menentukan lokasi di dalam ruangan.

Untuk kelanjutannya. Semoga penelitian ini selesai sesuai rencana.

Aplikasi hanya sekedar TOOL.. ini penelitian murni, menentukan akurasi dari metode yang digunakan.

                                                           – M.Taufiq N, M.Eng (Dosen Pembimbing)

(627)

Leave a comment

*