Mar
23
2012

Memanfaatkan DropBox untuk Develop Aplikasi Android

Untuk melakukan developing aplikasi di Android OS, sangat mudah jika Anda langsung menggunakan perangkat Android yang anda miliki seperti Android Tablet atau Smartphone karena Anda tinggal menyambungkan perangkat mobile Anda langsung ke PC / Laptop melalui sambungan USB atau via Bluetooth dan SDCard. Namun, bagaimana jika menggunakan TabletPC yang tepasang Android OS di dalamnya.
Setelah kemarin melakukan instalasi Android OS ke ASUS EeePC T101. Sekarang, kita melakukan developing aplikasi dan percobaan aplikasi langsung ke perangkat android tanpa menggunakan emulator. Karena tidak semua aplikasi dapat berjalan dengan baik dengan emulator.

Beberapa masalah yang dihadapi dari penggunaan Tablet PC adalah kesulitan trasfer paket aplikasi dari PC ke Tablet PC karena tidak ada sambungan kabel yang dapat dilakukan antara PC/Laptop dengan Tablet PC. Lalu, bagaimana cara mudahnya?

Pada awalnya melakukan pengiriman data dari laptop ke tablet PC menggunakan koneksi bluetooth, namun sayangnya terjadi kegagalan pada saat otentikasi sambungan. Android OS pun tidak dapat mendeteksi USB Flashdisk. karena sebagian besar bahkan seluruh perangkat mobile android tidak dapat membaca USB Flashdisk.
Cara lain, memanfaatkan sistem Cloud Computing. Sama seperti SkyDrive, namun cloud yang ini lebih ringan dan berbayar. Hanya disediakan 2GB free untuk penyimpanan. Kecil memang, tapi masih cukup untuk menyimpan beberapa file penting. Aplikasi Android pun tidak ada yang mencapai ukuran 1GB. 
1. Upload file paket aplikasi Android ke DropBox. Atau dengan memanfaatkan folder DropBox yang terdapat pada komputer Anda.
2. Jika telah selesai masuk ke dalam folder DropBox (bertanda hijau). Maka, file anda sudah dapat di akses via perangkat lain yang memiliki akses internet.
3. Buka folder DropBox Anda melalui web browser di Android Tablet. Kemudian Download paket aplikasi dan lakukan instalasi seperti biasa.
4. Alternatif lain adalah mendownload DropBox for Android melalui Google Play (gantinya Android Market). Kemudian akses akun dan folder Anda melalui DropBox for Android

(456)

Related Posts

About the Author:

Leave a comment

*