Mar
6
2012

Memanfaatkan Conditional Formatting pada Tabel (baru)

Sepertinya Conditional Formatting merupakan fitur baru di Ms.Office 2010. Karena pada Office 2007 belum ada fitur ini. Conditional Formatting adalah fitur yang digunakan untuk meng-highlight atau menandai beberapa data dengan rule tertentu. Seperti halnya Textliner yang biasa kita gunakan untuk menandai tulisan penting.
Dengan menggunakan fitur ini, Anda dapat dengan mudah menentukan sebuah nilai bisa juga text dengan menandai secara otomatis apalagi data itu dapat berubah – ubah dan tidak permanen. Seperti modus pencarian kata, tapi dengan menggunakan rule yang dapat Anda atur sendiri.
1. Siapkan file data Anda

2. Blok data yang ingin diberi Conditional Formatting. Lalu buka tab Home, Conditional Formatting – New Rule… pada bagian Styles.

3. Setelah muncul jendela New Formatting Rule. Pilih tipe Format all cells based on their values. Pada bagian Format cell, pilih Icon Set. 
4. Masuk ke bagian rule. Untuk Type-nya (di sebelah kanan) ganti dengan Number. Masukkan batas nilai sesuai dengan aturan yang Anda buat. Pada contoh ini saya membuat aturan nilai 80 untuk hijau dan 60-80 untuk kuning serta 0-60 untuk merah. Klik OK.
5. Hasilnya akan seperti ini. Terlihat beberapa nilai ditandai dengan lingkaran hijau, kuning dan merah. Sesuai dengan aturan yang dibuat.
6. Selanjutnya membuat tanda lulus atau tidak lulus dengan centang dan silang pada nilai siswa yang kurang dari rata – rata. lakukan hal yang sama seperti nomor 2 – 3. Dengan pilihan icon yang berbeda.
7. Namun untuk rule disini. Tekan tombol di sebelah kotak value

 8. Pilih cell yang menjadi acuan.

9. Lalu tekan lagi tombol tersebut. Klik OK.
8. Hasilnya, nilai yang bertanda X adalah nilai siswa yang tidak lulus rata – rata kelas. 

(491)

About the Author:

Leave a comment

*