Mar
3
2012

Trik download melalui torrent dengan BitTorrent

Beberapa dari Anda mungkin belum tahu tentang torrent. Torrent merupakan teknologi peer to peer yang tidak menggunakan server utama sebagai media simpannya. Setiap file yang dibagikan merupakan hasil seed dari banyak komputer di seluruh dunia termasuk komputer Anda jika menyimpan file torrent tersebut. Pada umumnya, selesai mendownload file torrent ke komputer Anda. Komputer (BitTorrent) akan secara langsung melakukan seeding ke komputer – komputer lain yang membutuhkan file tersebut.
Jika Anda masih awam menggunakan fasilitas torrent, bisa mengikuti trik berikut.
1. Download BitTorrent terlebih dahulu di websitenya www.bittorrent.com. Kemudian install di komputer Anda hingga selesai.
2. Pada contoh ini, saya mencari torrent melalui The Pirate Bay (www.thepiratebay.se redirect dari www.thepiratebay.org). Cari software, lagu atau film dengan mengetikkan keyword di kotak yang disediakan.
3. Setelah pencarian akan muncul seperti pada gambar di bawah ini.
4. Untuk kualitas kecepatan download tergantung jumlah Seeder-nya. Bukan Leecher. Pada bagian kolom terakhir ada 2 kata SE dan LE. Klik pada SE sehingga Seeder akan terurut dari yang terbesar ke yang terkecil. Pada contoh ini album Jessie J memiliki Seeder 1500. Klik nama file tersebut.
5. Setelah muncul halaman torrent yang bersangkutan. Baca dengan seksama informasi detil file yang di share pada bagian bawah serta komentar yang diberikan, untuk mengantisipasi adanya virus atau malware yang ikut dalam file tersebut. 
6. Klik Get This Torrent untuk mendownload file torrent-nya bukan klik tombol Download warna hijau karena itu hanyalah iklan. Browser akan otomatis konfirmasi redirect ke aplikasi BitTorrent. Tekan Ok jika benar.
7. Aplikasi BitTorrent akan terbuka dan mengkonfirmasi lokasi penyimpanan file tersebut. Ingat, tidak seperti file download biasa. Harddisk Anda harus memiliki cukup ruang karena file torrent memiliki ukuran full seperti sudah terdownload seluruhnya. Klik OK untuk memulai.

8. Jika sudah mulai men-download. Klik file torrent yang sedang dalam proses. Perhatikan bar Availability, apakah memiliki angka yang besar. Semakin besar ketersediaannya maka semakin baik file torrentnya. (memiliki kemungkinan ter-download dengan baik sangat tinggi).
9. Jika file telah terdownload semua maka akan pindah ke folder Completed dan melakukan seeding ke komputer lain. Proses seeding mempengaruhi kecepatan upload koneksi Anda. Jika Anda mengalami koneksi yang melambat, harap matikan BitTorrent atau proses seeding tersebut.

Pesan : Harap membeli produk asli jika Anda memiliki cukup uang :)

(596)

About the Author:

2 Comments+ Add Comment

  • kalo torrent nggak pake server utama trus yang download file pertma kali dia dapat darimana?
    adanya bisa seed kan karena dia udah punya file nya.

    mohon di jelaskan.

    • saya kurang tau cara kerja torrent… kalau tidak salah tergantung dengan program torrentnya. karena setelah kita selesai mendownload. bittorrent otomatis melakukan seeding software yng kita download sebelumnya

Leave a comment

*