Mar
1
2012

Membuat daftar isi otomatis dengan Ms.Word

Dalam sebuah laporan ataupun skripsi, paling rumit adalah mengatur daftar isi, Secara manual, membuat daftar isi dengan mengatur tab, spasi dan sebagainya. Selain itu, apabila terjadi perubahan poin, halaman dan judul maka Anda harus teliti untuk memeriksa satu per satu, termasuk menentukan halaman.
Bila laporan masih sebatas 20-30 lembar tidak menjadi masalah, namun bagaimana jika ada 100 halaman? Sungguh merepotkan? Tapi Ms.Word sudah mempersiapkan kebutuhan Anda. Tanpa perlu mengatur secara manual, Ms.Word akan secara otomatis mengatur daftar isi sesuai keinginan Anda.
1. Pastikan file dokumen Anda telah dibuat poin – poin bertingkat seperti ini. Jangan khawatir dengan isinya, yang penting judul dan sub judul sudah ditulis terlebih dahulu.

2. Siapkan halaman kosong pada file dokumen tersebut untuk menuliskan daftar isi. Seharusnya konsep ini sudah diatur sebelumnya. Pada lembar kosong tersebut, masuk ke bagian Reference, pilih Table of Content – Insert Table of Contents…

3. Akan muncul jendela Table of Contents. Atur model titik – titiknya pada bagian Tab Leader dan atur pula jumlah level yang ditampilkan pada bagian General – Show Level. Pada tutorial ini, saya menggunakan 4 level.Kemudian klik OK.

4. Biasanya akan muncul notifikasi seperti di bawah ini. Klik OK untuk melanjutkan.
5. Karena belum ada data yang diisikan, maka daftar isi akan seperti ini.

6. Blok judul utama, dalam tutorial ini saya melakukan blok pada judul PENDAHULUAN. Lalu pilih Add text – Level 1 pada bagian tab References.
7. Begitu pula pada level – level selanjutnya, sesuai dengan pengaturan multilevel list yang telah Anda buat.

8. Kembali ke lembar daftar isi. Klik kanan pada tulisan No table of contents entries found. Pilih Update Field.
9. Hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini.
10. Perlu diingat, apabila terjadi perubahan level dan judul serta halaman. Selalu melakukan Update Field. agar daftar isi ter-update sesuai dengan perubahan yang terjadi.

(637)

About the Author:

3 Comments+ Add Comment

  • membantu sekali mam , , , :) terima kasih atas infonya :)

  • wah bagus banget mam, tapi jangan lupa untuk terus di update….
    oya lo bisa tutorial yang excel yo…..hehehe
    thanks

    ulum

Leave a comment

*