Feb
29
2012

Optimalisasi Kamus di Ms.Word

Standarnya, Ms.Word menggunakan kamus bahasa Inggris karena memang software ini berasal dari sana. Tapi, dengan beberapa pengembangan Ms.Word memiliki ratusan bahasa tambahan untuk seluruh dunia yang membutuhkannya. Termasuk di dalamnya bahasa Indonesia.

Meski tidak menggunakan software berlisensi, Anda dapat mengunduhnya secara gratis di situs microsoft dengan cara seperti berikut

1. Untuk tulisan mengalami kesalahan grammar dan penyebutannya (spelling) biasanya ditunjukkan dengan garis zig zag merah di bagian bawahnya.

2. Perhatikan bagian kanan bawah yang menunjukkan bahwa kamus yang digunakan adalah kamus berbahasa Inggris.

3. Pada bagian tab Review, pilih Language – Language Preferences…
4. Pada jendela Language Preferences. Lihat beberapa bahasa yang belum ter-install. Pada komputer saya sudah saya pasang kamus berbahasa Indonesia. 

5. Klik link Not installed, kemudian akan diarahkan ke situs office.microsoft.com
6. Pilih bahasa yang ingin Anda install. (pada tutorial ini adalah bahasa Indonesia). Lalu klik Download (tombol hijau yang atas/pertama).

7. Kemudian situs akan me-redirect ke situs www.microsoft.com

8. Scroll ke bawah sampai menemukan tiga tombol download. pilih sesuai keinginan dan spesifikasi komputer anda. Terdapat 2 jenis file instalasi untuk 2 jenis arsitektur komputer yaitu 64bit dan 86bit. sedangkan file ketiga adalah file help (pertolongan) dalam format CHM.

9. Setelah di download. Lakukan instalasi bahasa hingga selesai.

10. Restart Ms.Word Anda, kemudian buka file dokumen yang ingin anda perbaiki. Blok seluruh tulisan, lalu klik dua kali pada pilihan kamus di bagian kanan bawah.

11. Pilih bahasa (dalam tutorial ini adalah bahasa Indonesia). Akan terlihat tanda centang apabila kamus telah ter-install. Jangan lupa klik Set As Default kemudian OK.

12. File dokumen Anda akan menjadi seperti ini. Hanya kata – kata asing (diluar kamus Indonesia) yang berubah menjadi merah. Namun terkadang ada beberapa kata yang belum dimasukkan ke dalam kamus.

Meski sesuai dengan kamus, akan tetapi apabila penulisannya salah maka akan diberi tanda merah. Seperti pada kata dimana yang seharusnya ditulis di mana.
Tambahan

(502)

About the Author:

Leave a comment

*