Feb
5
2012

Internet Banking untuk kemudahan bertransaksi.

Internet mulai memudahkan kebutuhan manusia terutama dalam hal perbankan. Dengan kemudahan itu, kita tidak perlu lagi mampir ke bank untuk transaksi non tunai dan berbagai pembayaran lain. Bagi orang awam, keamanan yang mereka khawatirkan. Padahal dengan teknologi yang dimiliki oleh Bank yang menyediakan fasilitas tersebut, keamanan sudah menjadi prioritas bagi mereka. Dengan memberikan perlindungan enkripsi yang terpercaya dan memiliki sertifikat.

Dengan menggunakan internet banking, bukan hanya melakukan transfer uang, dan cek saldo. Semakin lengkapnya fasilitas, pembayaran lain seperti pembelian pulsa, PLN, PAM, telepon, internet, asuransi, tiket, pendidikan hingga kartu kredit. Selain itu, membuka rekening deposito pun bisa dilakukan secara online.

Kemudahan seperti itulah yang sangat dibutuhkan saat in, sehingga mempercepat proses transaksi tanpa antri. Bayangkan saja kalau harus antri di Telkom untuk bayar tagihan telpon, kemudian ke kantor PAM, ke PLN. Ribet kan? Tapi dengan internet banking, hanya dengan duduk di rumah atau di kantor atau di mana saja. Sedang bersantai dengan keluarga atau di waktu senggang. Pembayaran tersebut tidak akan menjadi masalah. Waktu adalah uang, dengan menghemat waktu kita juga menghemat uang.

Kemudahan ini saya rasakan sendiri setelah setahun lebih menggunakan Internet Banking, setiap pembayaran dan transfer bisa dengan mudah dilakukan di rumah. Apalagi jika melakukan pembelian barang secara online. Tidak perlu susah payah cari ATM terdekat hanya untuk mengirim uang Rp.100.000 sampai Rp.200.000 saja.

Beli pulsa pun tidak khawatir, hampir seluruh operator nasional tersedia. Meski dengan minimum pembelian Rp.25.000 tapi tersedia 24 jam. Sungguh mudah, apalagi jika kita sedang berada diluar kota atau kehabisan pulsa prabayar tengah malam. Dengan transaksi yang tercatat secara rapi, dan mudah untuk di backup. Sampai – sampai tidak perlu printout buku bank lagi.

Baru – baru ini kampus saya menggunakan salah satu bank yang menyediakan internet banking seperti ini. Dengan begitu, pembayaran kuliah bisa dibayar secara online dengan hanya memasukkan Nomor Induk Mahasiswa dan nanti akan muncul berapa jumlah uang yang harus dibayarkan oleh mahasiswa yang bersangkutan.

Meski aman (dari pihak Bank) bukan berarti 100% percaya. Hati hati dengan berbagai jenis penipuan. Walau itu lewat telpon, karena sangat berbahaya (karena mudahnya transfer uang lewat internet). Selain itu, melakukan aktivitas perbankan di tempat umum sangat tidak disarankan apalagi menggunakan area hotspot, adanya spy, sniffing dan sebagainya baik melalui jarigan itu sendiri maupun saat anda melakukan transaksi. Perhatikan terus sekeliling anda terutama saat memasukkan password.

catatan : Sampai saat ini internet banking belum melayani tarik tunai langsung 😀 hehehe….

(373)

Related Posts

About the Author:

Leave a comment

*