Nov
7
2011

Fotografi Anak – Anak

Memotret anak kecil bukan hal yang mudah dalam fotografi. Anak kecil lebih sulit dipotret dibandingkan orang dewasa. Kebanyakan dari mereka susah untuk berpose, tidak pede, kurang dekat dengan fotografer, takut, banyak tingkah. Mulai dari anak yang berumur kurang dari 1 tahun hingga umur 6 – 8 tahun.

Pengalaman saya pertama kali memotret anak – anak. Pada awalnya sulit untuk mengarahkan gaya pada mereka, juga menyuruh mereka untuk senyum. Ada satu hal yang harus dilakukan oleh fotografer adalah bisa berkomunikasi dengan mereka. Jika beruntung, mereka bisa dekat dengan anda.

Nadira - Amira

Tersenyum dengan cara dipaksa mungkin sulit bagi anak-anak. Akan berbeda dengan orang dewasa. Salah satu caranya, buatlah dia tertawa lepas mendekati foto candid. Tapi tetap diarahkan. Selalu siap dengan fokus dan shutter anda. Karena setiap momen lucu harus tertangkap di setiap frame foto.

Selanjutnya cobalah untuk membiarkan mereka bermain sesuka hati mereka. Siapkan shutter speed yang lumayan cepat (>1/100s) dan menggunakan lighting tambahan bisa menggunakan flash gun biasa yang memiliki cahaya lebih kuat dibandingkan pop up flash.

Ekspresi lucu mereka akan menjadi daya tarik tersendiri dalam fotografi anak-anak. Karena muncul tanpa paksaan dan dibuat – buat. Walaupun terkesan candid. Tapi tetap diarahkan dan sadar pada kamera. 😀

Selamat memotret anak anak. 😀

(448)

About the Author:

Leave a comment

*