Sep
26
2011

Mahir Twitter dalam 60 Menit

Jejaring sosial yang satu ini sudah mulai menjamur terutama kalangan artis di Indonesia. Mereka lebih suka menggunakan Twitter dibandingkan Facebook. Karena tingkat privasi dari Twitter lebih tinggi dari Facebook. Selain itu, dalam twitter tidak ada yang disebut menambahkan teman (add friend). Yang ada hanyalah mengikuti. Jika kamu mengikuti (follow) seseorang di Twitter. Maka kamu akan mendapatkan tweet dari dia, akan tetapi tweet dari kamu tidak akan terlihat dalam timeline-nya hingga dia mengikuti kamu.

Bingung? Inilah hebatnya Twitter. Dikatakan berteman jika telah saling mengikuti atau dengan istilah follow back. Jika teman kamu tidak mem-follow back kamu. Maka kamu tidak dapat mengirimkan Direct Message. Marilah kita mulai menggunakan Twitter.

Tampilan awal Twitter

Isikan data diri kamu seperti Nama, alamat E-mail dan Password untuk akun kamu pada bagian “New to Twitter? Join today!” lalu tekan Sign up.

Kemudian akan muncul seperti ini.

Untuk memverifikasi nama akun kamu masih tersedia apa tidak. Nama akun dapat diubah di lain waktu. Jika akun kamu tersedia, tanda centang hijau akan muncul disebelah kanan dari form. Lalu klik Buat akun saya (Create my account).

Diawal penggunaan akan tampil seperti ini. Ada 3 step sebelum memulai twitter dan diharuskan telah mem-follow 10 orang (rekomendasi). Halaman ini dapat dilewati dengan menekan tombol biru paling bawah dengan tulisan “Langkah Selanjutnya : Minat”. Cari minat kamu dengan menggunakan kotak pencarian. Contoh di sini adalah ‘kuliner’. Akan muncul akun yang berhubungan dengan kuliner.

Tekan Follow untuk mengikuti akun tersebut. Tombol Follow akan berubah menjadi hijau bertuliskan ‘Mengikuti’. Dan dibagian kanan akan muncul ‘Anda mengikuti [1]’.

Dan terakhir pada step 3 adalah mencari teman. Ketikkan nama akun teman kamu. Lalu lakukan hal serupa seperti sebelumnya.

Verifikasi akun

Masuk ke bagian Pengaturan di bagian kanan atas.

Akan muncul halaman seperti ini.

Cek E-mail anda.

Buka E-mail dari Twitter dengan judul <nama>, konfirmasikan akun Twitter Anda ya!

Klik link yang diberikan oleh Twitter tersebut.

Kamu akan kembali ke beranda yang berisi Timeline. Dan akun kamu pun terverifikasi.

Personalisasi akun kamu

Seperti halnya facebook. Akun memiliki avatar atau gambar yang mewakili dirimu / namamu. Sehingga mudah dikenali, karena mata lebih cepat mengenali wajah daripada tulisan. Pada bagian Pengaturan seperti di atas, masuk ke bagian Profile. Untuk mengganti gambar, tekan tombol telusuri dan cari gambar (bisa berupa JPG, GIF atau PNG) dengan ukuran maksimum 700kB. Jangan heran kalau tidak bisa unggah gambar karena lupa me-resize gambar menjadi lebih kecil.

Isikan lokasi agar teman – teman kamu tahu darimana kamu berasal. Juga isikan web kamu (bisa juga blog) agar teman – teman kamu bisa mengenal kamu lebih dekat.

Pada tab desain. Untuk mengganti latar belakang (background) dapat disesuaikan menurut selera masing – masing.

Berbagi Tweet.

Seperti halnya facebook. Tidak terlalu sulit untuk berbagi tweet dengan teman – teman yang mengikuti kamu. Tinggal tulis pada kotak bagian atas. “Apa yang sedang terjadi?” lalu tekan Tweet.

Jika koneksi lancar, tweet kamu akan muncul dibagian bawah.

Tekan Profil pada tab paling atas. Maka kamu akan melihat Tweet yang pernah kamu tulis sebelumnya.

Favorit dan ReTweet.

Jika kamu suka dengan tweet teman kamu. Kamu dapan menekan tombol Favorit. Dan tweet teman kamu akan tersimpan dibagian favorit. Sehingga kapan – kapan kamu ingin membacanya kamu akan dengan mudah menemukannya.

Tampilan di Profil -> Favorit

Berbeda dengan ReTweet. Jika kamu suka dengan tweet teman kamu, lalu ingin membaginya kepada teman – teman yang mengikutimu. Tekan Retweet maka tweetnya akan terkirim kembali melalui akun kamu.

Kamu akan diminta untuk konfirmasi apakah ingin me-Retweet tweet teman kamu tersebut ke pengikutmu.

Dan akhirnya akan muncul tanda hijau. Yang berarti kamu telah me-Retweetnya. Lebih gampang daripada harus mengetik ulang.

Berbalas Tweet

Berbeda dengan facebook. Dalam Twitter hanya ada membalas tweet. Dan menandai temanmu dalam tweet atau Mention agar dapat membaca Tweet yang kamu kirimkan

Tinggal tekan balas pada tweet yang dikirim oleh teman kamu. Kemudian akan muncul seperti ini.

Copy kemudian Paste tweet dari teman. (juga bisa menambahkan RT yang berarti retweet) agar teman kamu tahu apa yang kamu balas. Ini adalah model Retweet lama dari Twitter

Cara cepatnya, langsung saja menuliskan balasan setelah Mention.

Jika kamu bingung Tweet yang dikirimkan berasal darimana. Kamu dapat menekan ‘callouts’ yang ada di samping tweet. Dan tweet kamu serta teman kamu akan muncul di sebelah kanan.

Mention atau Menyebut teman kamu

Sama halnya menulis dinding dari teman, karena ini Twitter. Yang merupakan kicauan, maka kamu harus menyebutkan siapa yang kamu panggil.

Ketikkan tanda ‘@’ lalu nama teman kamu tanpa spasi. Maka akan muncul di bagian bawah, kamu dapat menekan Enter untuk memasukkannya. Setelah itu tekan Tweet. Maka tweet kamu akan terkirim ke seluruh teman dan teman yang kamu sebutkan.

Lalu, bagaimana jika kamu disebut?

Masuk ke bagian @Sebutan. Jika teman kamu membalas tweet atau menyebutkan kamu dalam tweet-nya. Kamu dapat melihatnya di sini.

Untuk membalas, dapat menggunakan cara yang sama sebelumnya.

Daftarkan Temanmu.

Agar mudah mencari tweet dari temanmu atau teman khususmu. Kamu dapat mendaftarkannya pada daftar khusus. Sehingga, jika kamu mengikuti puluhan ribu akun. Kamu tidak akan ketinggalan tweet dari teman kamu. Pertama, buat daftar baru pada tab Daftar. Masukkan nama dan deskripsi (opsional) serta privasi daftar tersebut.

Tekan tombol bergambar orang. Lalu tekan “Tambahkan ke Daftar”

Akan muncul konfirmasi seperti ini

Teman anda pun akan masuk ke daftar khusus.

Follow dan UnFollow

Sangat mudah, tinggal masuk ke daftar following (mengikuti). Pilih akun yang akan di unfollow. Dan klik akan berubah menjadi merah.

Setelah unfollow. Akun akan menjadi +Follow lagi.

Kirim pesan pribadi

Tidak ingin dibaca oleh orang lain. Kamu dapat mengirimkan pesan secara pribadi melalui Direct Message.

Tekan Messages dibagian atas. Akan muncul form seperti di bawah ini.

Masukkan nama teman kamu yang telah atau belum kamu ikuti (follow)

Jika teman kamu membalas pesan yang kamu kirimkan. Maka, akan muncul seperti ini.

#DONE#

Mudah bukan? Tidak ada yang sulit jika kita tidak mencobanya. Selamat ber-Twitter.

(843)

About the Author:

2 Comments+ Add Comment

  • WHiiii THx gan atas inpo’x ^_^ nice… sangat membantu ane nie…
    ane msh newbitol soal twity.. 😛

    Best Regards
    storivera.wordpress.com

    • terima kasih sudah mampir. Awalnya bikin ginian cuma iseng aja. Kebetulan cewek ane pengen tau twitter jadi ane bikinkan tutorialnya (cewek ane di luar kota gan).. eh malah dianya ga bikin twitter hehehehe….

Leave a comment

*