Aug
28
2011

Fasilitas baru di Adobe Photoshop Lightroom 3

Kali ini me-review sebuah aplikasi yang sangat berguna di dunia fotografi yaitu Adobe Photoshop Lightroom 3 atau yang biasa disebut dengan LR (read: el-er). LR merupakan software katalog foto yang dapat dengan mudah mengimpor foto yang berasal dari media luar seperti kartu memori atau harddisk. Sistem katalog yang menurut saya sangat baik dan mudah dibandingkan katalog foto lainnya. Karena LR memberikan fasilitas backup juga pemeriksaan foto saat melakukan impor.

Tidak semua foto dapat dikatalogkan oleh LR. Apabila foto telah masuk katalog, maka foto tersebut diduga memiliki duplikat sehingga tidak dapat di impor ulang. Pada versi sebelumnya LR hanya melakukan impor dan memilih foto yang memiliki duplikat lalu meminta pengguna untuk melakukan pembatalan (pada daftar foto yang memiliki duplikat) atau mengganti namanya. Tapi untuk LR3, sudah tidak ada lagi. Foto yang berasal dari removable disk yang telah diimpor ke komputer, tidak akan bisa di impor lagi.

Fasilitas lainnya yang secara umum dimiliki oleh LR adalah photo developing. Dengan adanya fasilitas ini, pengguna tidak akan kesulitan dalam memperbaiki hasil foto yang sekiranya perlu diperbaiki. Ada banyak tools yang dapat digunakan di LR. Yang sebagian besar hanya untuk memperbaiki foto, seperti exposure, contras, brightness, sampai white balance.

LR juga telah mendukung format gambar RAW untuk semua jenis DSLR. Sehingga tidak perlu khawatir mencari plug-in untuk LR ini. Sangat berbeda dengan PS (Photoshop) yang terkadang tidak dapat membuka file RAW.

Yang tak kalah pentingnya adalah fasilitas ekspor. Sangat berguna bagi para fotografer yang ingin mempublikasikan fotonya ke dunia maya. Selama ini melakukan resize foto mungkin menggunakan PS, atau software lain seperti Pixresizer. Tapi dengan fasilitas di LR ini anda tidak perlu khawatir untuk mengecilkan foto.

LR3 juga menyediakan foto langsung dari kamera atau disebut tethered capture. Biasanya dimiliki software seperti CaptureOne atau Camera Capture Pro atau Canon EOS Utility. Dengan fasilitas ini, para fotografer (baik studio maupun outdoor) tidak akan kesulitan dalam melakukan pemotretan. Karena file langsung menuju harddrive komputer anda. Sehingga koreksi fokus, warna dan lensa dapat dilihat di layar komputer.

Satu hal lagi yang sangat dibutuhkan, yaitu SlideShow. Sebelumnya, slideshow tidak dapat diekspor. Namun di LR3 ini, anda dapat melakukan ekspor slideshow foto dengan mudah menjadi file MP4. dengan ukuran mulai dari 320×240 hingga 1080p. Banyak pilihan bukan.

Masih banyak lagi fasilitas yang diberikan oleh LR. Mungkin anda dapat mencobanya sendiri. Untuk versi percobaan dapat diunduh di www.adobe.com/go/trylightroom

(1942)

About the Author:

Leave a comment

*