Jan
2
2011

Melihat bagaimana Korea memperkenalkan negaranya lewat film

Sejak tertarik dengan Korea Selatan, perhatian saya tertuju di film – film korea bagik itu film seri maupun film layar lebar yang banyak di remake. Bebrapa drama Korea menurut saya memiliki jalan cerita yang bagus dan masuk akal. Karena jalan ceritanya masih bisa di terima oleh nalar.

Jaman SMP dulu saya pernah nonton serial Korea berjudul Autumn in My Heart yang dibintangi Song Hye Kyo dan Song Seung Heon. Kalau yang namanya drama seperti itu, jalan ceritanya pasti memiliki akhir yang menyedihkan. Serial tersebut memiliki cerita yang hampir sama dengan film My Girl and I yang di bintangi oleh artis yang sama, Song Hye Kyo tapi kali ini pasangannya adalah Cha Tae Hyun. Film My Girl and I sepertinya berlangsung di daerah selatan Korea. Yang merupakan daerah dermaga.

Terkadang film – film Korea memperlihatkan bagaimana kehidupan masyarakat disana. Bagaimana budaya disana dan bagaimana perkembangan negaranya dan emperlihatkan beberapa daerah tujuan wisata menarik disana. Tak heran, selain banyak film nya terkenal di negara lain. Dari film itu lah negara mereka di kunjungi. Terlebih antara 2010 dan 2012 merupakan tahun kunjungan ke Korea Selatan. Dengan tema yang berbeda setiap tahunnya.

Korea Selatan pintar dalam menarik wisatawan asing dan merupakan kota wisata yang wajib untuk dikunjungi. Sebagian remaja mungkin akan merasakan romantisme di sana. Karena banyak sekali cerita – cerita romantis berasal dari sana. Bisa dikatakan, Korea Selatan adalah Prancisnya Asia.

Mungkin berbeda dengan Indonesia yang selalu membuat film berbau horor dan komedi dewasa. Dan memperlihatkan daerah – daerah elit dan mahal. Kadang memiliki jalan cerita yang tidak masuk akal. Dan hal – hal lain yang membuat kurang pantas untuk di tonton.Apalagi sinetron Indonesia yang hanya menunjukkan kehidupan kaum kaya dan kesenjangan sosial. Dan mengajarkan hal – hal yang buruk seperti fintah, kebohongan, dan sebagainya.

Kembali ke Korea, menurut saya terkadang film – film mereka memiliki jalan cerita yang hampir sama dan hanya mengubah latar dan cerita awalnya. Namun di akhir cerita pasti memiliki ujung yang hampir sama. Tapi walau begitu, cerita mereka menarik terlebih aktor dan aktris yang membintanginya juga tempat pembuatan filmnya. Tak heran, jika film layar lebar mereka banyak di remake oleh pihak barat.

Semoga industri perfilman Indonesia bisa memperbaiki film – film mereka menjadi lebih baik, tidak hanya membawa cerita komedi dewasa dan horor tapi juga cerita yang layak untuk di tonton semua umur.

(553)

2 Comments+ Add Comment

  • kapan ea film ni di tayang kan lagi?

    • film Autumn in My Heart? wah.. ga tau juga apalagi sekarang sudah banyak drama Korea baru. seperti Dream High dsb.. kemungkinan sih susah. Kecuali ga ada lagi stok drama korea

Leave a comment

*