Feb
4
2010

Sedikit evaluasi terhadap EXPO

Selama bertahun – tahun mulai 2005. dan berturut – turut pada 2008 – 2009. Di awal tahun 2010 ini ada perubahan wajah baru fasilitas pada expo. Walaupun fasilitas ini bukan termasuk fasilitas expo sendiri. Namun sangat berguna bagi pengunjung expo.

Pada 30 Januari – 3 Februari kemarin telah diadakan Apkom New Year Expo. Seperti biasanya, pada expo seperti ini pastinya jumlah pengunjung lebih banyak pada hari pertama dan terakhir. Tidak dipungkiri akan banyak pada setiap harinya. Pengalaman saya saat mengunjungi expo adalah sulitnya menemukan ATM. Karena gedung yang digunakan (yaitu Jogja Expo Center) tidak dilengkapi oleh ATM. Kenapa?

Karena ini bukan gedung umum layaknya Mall dan tempat-tempat lain. Selain itu untuk expo – expo yang sebagian besar menghabiskan uang hanya pada bulan – bulan tertentu saja. Jadi, sangat percuma membangun sebuah pos ATM disana. Selain akan menyulitkan dalam pengamanan juga bisa dikatakan percuma.

Ketidakadaan ATM di area expo tersebut sangat menyulitkan apa lagi pada hari – hari tertentu expo terdapat promo 1 hari atau bahkan 1 jam. Dan barang-barang yang ditawarkan terkadang dibawah harga toko. Tak heran kalau pada saat expo kebanyakan orang memborong barang.

Namun, saya ingat saat expo komputer tahun 2009, pada saat itu nilai rupiah terhadap dolar sedang melemah hingga Rp.12.000,- yang menyebabkan minat beli masyarakat berkurang. Tapi tetap saja ada yang belanja dan memborong. Mungkin karena sudah terbiasa. :)

Ada juga saatnya pameran full bahkan tiap hari saya lihat, parkiran JEC selalu full dengan kendaraan layaknya hari penutupan expo. Kita kembali pada masalah ATM. Terkadang saat-saat expo, kita memerlukan uang lagi. dan tak mungkin kalau ke expo membawa – bawa uang jutaan. Dan juga tak mungkin kalau masuk expo lalu keluar lagi cari ATM.

Sekarang kita tidak perlu repot lagi kalu kehabisan uang saat mengunjungi Expo apalagi expo komputer. Pasti banyak belanjaan terutama cowok. Hehe… Terdapat 2 Bank besar yang mulai memberikan fasilitas dalam penyediaan ATM Mobile. Sebelumnya, hanya 1 yaitu Bank Mandiri. Kini Bank Negara Indonesia pun ikut andil. Sehingga memudahkan jika terdapat antri yang begitu panjang.

Sedikit kritik dan saran ke Bank Mandiri. ATM Mobile-nya sering lost signal, sehingga transaksi sering gagal. Tidak tahu untuk ATM Mobile BNI. Karena pada APKOM NYE 2010 ini BNI Mobile ATM baru ada. Mudah-mudahan kedua Bank tersebut akan terus memberikan layanan bagi para pengunjung expo.

Berikut bentuk dari ATM Mobile yang disediakan oleh Bank Negara Indonesia 46.

Kalau yang dibawah ini adalah Mobile ATM Bank Mandiri

(Satpamnya sama trus)

Ternyata banyak juga yang antri ya… =_=

(903)

3 Comments+ Add Comment

Leave a comment

*