Feb
4
2010

Membuat Steering Wheel Murah

Dalam permainan balap mobil. Pastinya akan merasa lebih mantab kalau menggunakan steering wheel (Joystick berbentuk setir mobil), tapi harganya sangat – sangat mahal. Yang paling murah saja seharga kurang lebih 1 juta rupiah di tahun 2009. Harga yang cukup merogoh kocek lebih dalam. Melihat harga yang begitu tinggi, terbesit sedikit pikiran untuk membuatnya sendiri dengan menggunakan barang – barang bekas, Saya hanya menggunakan Keyboard bekas, kardus, karton dan beberapa meter kabel serta baut.

Gambar disamping merupakan contoh steering wheel pabrikan yang mahal itu. Tapi saya bisa membuatnya dengan biaya kurang dari 50.ooo. Di bawah ini adalah penampakan prototypenya.

Semuanya terbuat dari kerdus dan karton. Untuk input ke komputernya saya menggunakan keyboard bekas yang telah rusak lapisan konektor dalamnya. Tetapi masih bisa digunakan reader-nya. Β Berikut bagaimana saya menyambung satu persatu bagiannya.

Kelihatanya memang rumit karena akan lebih rumit lagi mencari satu persatu sambungan untuk dapat digunakan sebagai tombol. karena setiap tombol merupakan kombinasi antara lembar atas dan lembar bawah pada bagian plastik di dalam keyboard.

Saya membedakannya dengan huruf dan angka sehingga terdapat 8 huruf (A – H) dan 18 angka. Semua kombinasi satu per satu antara huruf dan angka memiliki fungsi masing – masing yang mewakili karakter pada keyboard. Berikut adalah hasil penelusuran kombinasi tersebut.

Setelah mengetahui kombinasi tersebut tinggal menghubungkan setiap tombol yang diperlukan untuk steering wheel. Seperti penentu arah dan beberapa tombol lainnya. Untuk mengaktifkan tombol hanya menggunakan baut sebagai konektor penghubungnya yang akan saling bertemu antara 1 dengan lainnya.

Mungkin itu saja yang dapat saya jelaskan. Semoga bisa membantu. :)

DEMO Pemakaiannya.

(25417)

Related Posts

About the Author:

60 Comments+ Add Comment

  • sip…
    lanjutkan….
    klo bisa sih ajarin k teman2…
    hehehehe

    • sip. sip.. masih dalam pengembangan , nanti klo dah finish sempurna bru deh di publikasikan lagi

  • ok…

    goodluck…

  • woohh… ngeriii!!!

    post di kaskus mam. dijamin HOT THREAD!!

    • oke gan

  • jelek -_-” gampang bejat,saya enakan pake momo steering wheel,pake cara ginian susah,hasilnya juga ga bagus..bukan ngeledek gan..kenyataan

    • Iya sih, pengennya beli yang steering wheel itu. tapi saya jarang main game balap sih. πŸ˜€ seringnya main Flight Simulator jadinya beli Joystick MetalStrike πŸ˜€

    • ini hasil karya bro, bukan buatan pabrik. patut diacungin jempol ide na drpd habisin duit buat beli barang kyk gt…….

  • LEECHER LO JADI ORANG TOLOL AMAT GA NGEHARAIN KERJA AGAN SATU INI , LO BISA GA BIKIN TOD , BEGO AMAT LO!

    • hehehe.. santai saja. :) kemarin sudah mau bikin dengan menggunakan joystick biasa. pada analog di ganti dengan potensiometer 100ohm. lumayan bisa gan. πŸ˜€ tapi karena kesibukan jadi belum bisa diteruskan. Blueprintnya sudah ada sih tinggal cari bahan dan eksekusi

  • Waduh ahli komp ni si agan , btw joystick utk flight simulator murah ya?

    • ga juga sih hehehe.. saya suka eksperimen aja. Klo buat flight simulator saya pakainya merk Genius. Memang murah. tapi klo dari segi kualitas lebih bagus Logitech.
      ini masih proyek bikin kokpit Flightsim. cuma belum ada waktu aja hehehe

      idenya bisa search di google aja banyak kok. nanti bisa improvisasi sendiri

  • keren gan !

  • keren gan, ane juga buat yang gituan…
    biasanya orang2 yang ngeledek toh gak kreatip, ato mungking emang gak bisa buat…

    • ya.. pengen cari gampangnya. kan punya uang banyak… kita2 kan.. penuh kreativitas hahaha… udah nyobain pake bekas joystick. klo punya joystick udah rusak tombolnya.. tapi kan pcbnya masih bisa tuh.. terutama bagian analognya.

      kemarin udah nyoba.. dan bisa.. sayangnya belum bs nerusin

      • wah, maunya q juga pake analognya, tapi nyodernya q yang gak krasan… maklum pemula, hehehe….
        bisa di upload bro hasilnya yang pake analog???

        • Hehe.. ntar klo udah saya posting lagi ya.. kirim emailnya aja.. ntar dkabari

  • gan, beli potensio buat gaming wheel dimana?

    • saya pakai potensio biasa klo ga salah 100miliohm, atau yang main putar biasa

  • Gan saya Mau Pesen, berapaan harga nya gan..??
    maklum orang kismin mau yang murahan aja
    hehehe

    • Hehehe.. hanya butuh keyboard bekas asalkan masih bisa dipakai. Kalaupun rusak minimal masih bisa beberapa huruf dipakai tapi klo ga mau nyala ya mending dibuat ganjal pintu aja gan. Hehehe.
      Beberapa waktu lalu saya buat pakai bekas joystick usb. Lumayan bro bisa belok pelan – pelan karena menggunakan potensiometer. Mungkin bisa di coba kembangkan broh.. πŸ˜€

  • mas klo bisa bikin tutorialnya donk saya juga pengin pakai steering wheels tapi beli gak punya dana mas jadi klo bisa bikin deh tutorialnya yang mendetail oke mas admin biar orang kalangan menengah kebawah bisa juga ngerasain main pakai steeering wheels

    • ini mau bikin yang lebih bagus lagi.. pakai joystick bekas. Biasanya Joystick suka bermasalah di tombol tapi analognya masih bisa dipakai. Saya coba memperbesar ukuran potensiometernya agar bisa digerakkan seperti steering. Nanti kalau ada lagi saya buat tutorialnya yang lengkap ya :)

      • ditunggu bro saya masih penasaran soal kombinasi di keyboard itu untuh gas dan rem nya klo saya steering wheels nya pakai mouse dengan resolusi optik yang tinggi. terus itu kabel yang di gunakan 26 port ya???

        • saya belum pernah pakai mouse tapi kebanyakan mouse tidak pernah digunakan untuk steering ya. Kalau tidak keyboard ya joystick. Kalau keyboard kan kombinasi port. terkadang jangan yang sama jalurnya beberapa punya jalur yang sama sehingga bisa kacau nantinya. Alternatif kedua pakai joystick. Coba cari joystick PC bekas. Lalu dibongkar. Perhatikan bagian analognya, itu merupakan jenis potensiometer kecil kan dari itu saya besarkan potensiometernya agar bisa disambungkan dengan steering yang lebih besar

          • siiip siiip ditunggu yang dari joystick nya klo bisa saya kasi pencerahan untuk kabel yang di sambungkan ke terminal kabelnya klo bisa saya kasih foto yang yang lebih mendetail dan jelas saya agak bingung di terminalnya ato gan bisa kirim aja ke email saya yeremiayuliyanto40@gmail.com tolong ya gan

  • lanjutkan bro..sapa tau bisa buat cari duit..bikin pabriknya..cuma bikix lebih profesional dkit, mungkin cri stir bekas ato apalah.good luck dech..share your knowledge buat smuax.pati ada jalan terang d belakang..

  • gan itu cara ngatur sensitif belok nya gmna ya? kmrn ane beli steer wheel versi china (maklum duit g cukup jd beli yg murahan) trs pas di maenin bisa cuma sensitif stir nya g enk bngt mesti banting stir buat belok biasa, nah pas ane liat stir buatan agan lumayan tuh ngatur belok nya jdi mohon penjelasan nya … kl pnya bagi2 gan biar dapet pahala πŸ˜€

    • itu mksd nya ILMU GAN yg di kalimat akhir

    • sebenarnya pengaturan sensitifitas ada d aplikasinya gan. coba di cek

  • klo prototype nya udah jadi gan, aq berminat……kirim email, gan…..thanks.

    semangat trus

    • tq gan.. slalu semangat… pasti seru ni

  • kalo steering joystiknya dah jadi kabarin ya om .. skalian tutorial ama schemanya hehehe muhsaad1994@gmail.com

    • siap bos… simpel aja kok. hanya butuh keyboard itu aja

  • cara koneknya gimana ? yg nyambungin ke reader keyboard iru loh ?

    • di PCB keyboard itu ada bentuk deretan logam yang menghubungkan satu dan lainnya kalau keyboard dipasang. ini yang agak sulit karena butuh ketelatenan karena ukurannya cukup kecil.

  • Bahasa inggrisnya rem “brake” mas, bukan “break” apalagi “berak” πŸ˜€
    Cukup bagus, sayang setirnya bukan buat ngatur sudut belokannya. Cuma kayak pengganti tombol kanan sama kiri di keyboard.
    Tapi bagus juga, kreatip..!

    • makasi mas atas revisinya, akan diperbaiki hehe. iya mas ini saya coba dengan keyboard. tapi kemarin saya pernah coba pakai joystick bekas yang tombolnya sudah tidak dapat terpakai (biasanya karetnya rusak) namun bagian analognya masih berfungsi. saya mencoba untuk menggunakan potensiometer yang agak besar untuk mendapatkan X, Y dan Z axis-nya karena ada 4 arah itu mas. Cuma belum ada waktu yang pas untuk ngerjainnya lagi tapi sempat berhasil untuk mendapatkan sudut belokannya

  • mohon bntuanya ya mas. adakah referensi atau bahan yg bs buat saya pelajarin, soal buat joystick itu biar I/O nya bs di terima PC? kalau ada tutorial lengkap membuat itu. terimakasih. πŸ˜‰

    • soal I/O joystick itu saya pakai joystick bekas. kan sudah ada mainboardnya jadi ga pake seting2 lagi. hanya saja fungsi dari tombolnya yang di ubah

  • Asli sangar ente gan… Saran ane stirnya jangan pake kardus, pake apa kek yg lebih keren dikit… Tapi overall ane salut

    • hahaha.. awalnya mau pake pipa PVC dan Selang tp salah ukuran jadi sementara coba – coba pake kardus. belum sempet bikin pake Potensiometer. kemarin2 sudah tes bisa lebih mulus belokannya

  • Asli saya salut dengan anda!!! Saya dulu juga suka eksperimen seperti ini karena mau beli gak tau mau beli dimana dan pake uangnya siapa.. Beda sama sekarang apa-apa sudah gampang dicari.

    • terima kasih mas. karena dulu jaman susah namanya mau beli apa – apa juga mahal dan belum ada uang hahaha. sekarang malah waktunya ga ada

  • wah bisa ni dikomersialkan,, cari sponsor gan, dan kalo bisa harganya tetep murah hehe

    • asal ga dikira buat bom lagi.. πŸ˜€

  • mas ajarin wiringnya & maping tombolnya dong….
    sy lagi coba bikin nih… mekaniknya udah jadi, tapi wiring & maping tombol keyboard belum kebayang sama sekali.
    thx sebelumnya

    • wiring & mapingnya ada di foto huruf huruf itu. nanti saya buat ulang ya kirim ke email anda. terima kasih

  • mas admiiin… ane skrg juga lagi buat steering dari joystik bekas. dan ane ganti potensio analognya dengan potensio 1k, 10k, 50k, 100k sampe 500k punya gitar ane… tapi tetap belok potensionya gak bisa full dari kiri ke kanan… jadi gimana cara biar puteran potensionya bisa full. trus ane juga dah googling sampe ke mana mana,terus sesikit nemu pencerahan dan katanya itu PCB joystik cuma 8bit yg jumlah valuenya hanya 0-255. jadi cara biar bisa dapat bit tinggi harus pake mikrokontroller seperti audriuno atau apalah namanya. dan sampe situ ane udah mau pasrah dengan belokan potensio yg gk sampe setengah puteran udah deadzone. Jadi kira kira agan admin punya cara gak,gimana dapat puteran full selain menggunakan mikrokontroller. Oh ya dan satu lagi. Saya juga dapat ide untuk ganti potensio sama potensio scroll yg ada di mouse. kan bisa muter terus tu gak ada mentoknya. paling kita aja yg buat batasan mentoknya.
    Maaf ane kebanyakan nanya dan cerita.. tapi ane emang butuh solusi. kalo bisa juga balas di email wawansaputra93@yahoo.co.id
    makasih gan admin… heheheheee…

    • kyknya sih pakai potensio. tapi coba lihat di potensio yang di joystick itu gimana. ane belum sempat juga oprek – oprek joystick lama. tapi sepertinya bisa asal jangan sampai full sepertinya itu ada batasannya berapa persen aja putarannya.

  • manteb banget om.. saya coba keyboard mapingnya hanya beberapa tombol yg bisa.. bisa minta tolong g om? tolong minta wiring sama mappingnya om… makasih banyak ya om….

    • mungkin setiap keyboard ga sama. saya lupa juga ini merknya apa kalau mau Mapping lagi coba dilihat bagian plastik konektor itu cari satu persatu gan setiap huruf

  • Gan Emang gak bisa beli logitech g27?

    • ga bisa gan. kasian kita ini anak kuliahan. πŸ˜€

  • Ngapain pake kibort komputer … ribet pake joystik lebih simpel …..

    • saya sedang mengembangkan menggunakan joystik. kenapa keyboard? karena awalnya adanya keyboard yang tidak terpakai alias rusak. namun pcbnya masih berfungsi. hasilnya saya cobalah untuk membuat steering wheel ini. memang sih jauh dari sempurna. kemarin saya sudah mencoba menggunakan joystik dengan mengganti potensiometer yang ada di joystick menjadi ukuran yang lebih besar. namun saya terkendala waktu dan bahan untuk menyelesaikannnya

  • klo saya membuat nya dari triplek dan kayu gan,.. jadi main nya berasa ada dalam mobil dan di bentukin seperti mobil juga, jadi hasil nya besar mmbutuhkan ruangan yg khusus,.. alhamdulillah bagus gan,..

    wah kalau dekat kita bisa jo’inan nih, untuk berkarya dan sama”mencari penemuan, smga aja bisa mnjadi usaha kita,.. hehehe,..

    siip gan, kembangin bakat nya

    • iya ni gan. kalau ada waktu dan tenaga baru bisa di terusin

      • Askum.. Gan boleh minta No. WA? Klo boleh krim ke nmerq ya .. 085646089999 ato inbox fb : facebook.com/majujitu

        • saya Add mas WAnya. makasi sudah mampir

Leave a comment

*