Jan
21
2010

Term of Service – Sebuah tulisan yang jarang dibaca

Term of service atau bisa dikatakan sebagai istilah pelayanan. Secara umum disebut Syarat dan Ketentuan. Biasanya terdapat dalam tulisan yang sangat kecil dan sulit dibaca. Di dalamnya berisi tentang peraturan – peraturan dari pemilik layanan yang SEHARUSNYA dibaca oleh setiap pelanggan yang memakai layanan. Layanan – layanan tersebut seperti sambungan internet, telepon, e-mail, bank, dan sebagainya. Ada beberapa pasal yang mau tidak mau, harus diketahui dan disetujui oleh pelanggan. Tapi karena jarangnya pelanggan membaca hal tersebut. Sering kali mencari jalan termudah untuk komplain kepada pemilik layanan dan memprotes keburukan layanan tersebut.

Apabila suatu layanan tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan sebaiknya sebelum komplain, harus membaca ToS terlebih dahulu. Atau sebelum memakai, membeli atau menyewa suatu layanan sebaiknya membaca ToS tersebut agar tidak kecewa dikemudian hari.

Karena syarat dan ketentuan tersebut sangat banyak, berikut saya berikan potongannya saja dari beberapa Syarat dan Ketentuan dari beberapa layanan yang ada di Indonesia yang saya anggap penting dan paling sering dipermasalahkan. Untuk lebih jelas bisa diklik tautan di setiap layanan.

Syarat dan Ketentuan Internet TELKOMSEL FLASH

Kecepatan akses TELKOMSEL UNLIMITED INTERNET dapat berubah-ubah bergantung pada cakupan jaringan, lokasi, perangkat yang digunakan, banyaknya pengguna jaringan dan tipe/volume data yang sedang diakses;

TELKOMSEL dan demikian jaringan distribusi terkait tidak menjamin bahwa TELKOMSEL UNLIMITED INTERNET tidak akan terputus secara tiba-tiba ketika digunakan dan TELKOMSEL tidak menjamin TELKOMSEL UNLIMITED INTERNET tidak akan pernah terganggu (error free);

Syarat dan Ketentuan Internet INDOSAT M2

Jasa IM2 Prabayar menggunakan prinsip sharing sumber daya jaringan, sehingga performance kecepatan dan ketersediaan konektivitas ditentukan oleh kepadatan trafik yang terjadi, kemampuan perangkat yang digunakan, dan lokasi Pelanggan. IM2 tidak memberikan jaminan apapun berkaitan dengan kecepatan layanan.

Pelanggan dianggap telah mengetahui dan menyetujui serta tunduk pada semua syarat dan ketentuan pemakaian IM2 Prabayar pada Paket Perdana, voucher prabayar IM2, website IM2 dan dokumen terkait yang ada sekarang maupun dikemudian hari

Syarat dan Ketentuan Paket Internet Unlimited SMART TELECOM

Pelanggan menyatakan bahwa telah sepenuhnya mengerti dan menyetujui bahwa kecepatan akses Paket Internet Unlimited dapat berubah-ubah bergantungĀ  pada cakupan jaringan, lokasi, perangkat yang digunakan, banyaknya pengguna jaringan dan tipe/volume data yang sedang diakses.

PT Smart Telecom tidak menjamin bahwa akses data SmartĀ  tidak akan terputus dari waktu ke waktu ketika digunakan dan PT Smart Telecom juga tidak menjamin bahwa Smart Mobile Broadband tidak akan pernah terganggu

Mungkin hanya itu yang dapat saya berikan. Karena untuk layanan internet lain seperti Paket Internet XL, Flexinet, dan Telkom Speedy belum saya temukan halaman syarat dan ketentuannya. Jika ada yang memiliki alamatnya, nanti bisa saya tambahkan. Terima kasih.

(400)

Leave a comment

*